Advertisement

Disbud Jogja Siapkan DED 6 Sekolah Bercagar Budaya

CRY22
Jum'at, 28 Oktober 2022 - 16:27 WIB
Arief Junianto
Disbud Jogja Siapkan DED 6 Sekolah Bercagar Budaya SDN Ngupasan. - BPCB DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Sejumlah bangunan sekolah di Kota Jogja termasuk bangunan cagar budaya. Tahun ini, Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Jogja menyiapkan detail engineering design (DED) atau rancang bangun rinci untuk enam sekolah yang bangunannya memakai bangunan cagar budaya.

Kepala Bidang Warisan Budaya Dinas Kebudayaan Kota Jogja, Susilo Munandar mengatakan saat ini DED sedang disusun. Sementara untuk rehab fisik, dia mengatakan belum dapat dilakukan hingga 2023.  "Kami saat ini sedang menyusun DED untuk tiga SD, dan tiga SMP. Di 2023 sudah kami usulkan untuk fisiknya, tetapi karena keterbatasan anggaran untuk tahun ini, usulan kami untuk pekerjaan fisiknya belum ada yang di acc sehingga tahun depan belum ada lagi untuk pekerjaan rehab fisik bangunan cagar budaya. Mungkin kami usulkan kembali 2024," kata Susilo.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Adapun keenam sekolah tersebut masing-masing adalah SDN Ngupasan, SDN Kintelan, SDN Ungaran, SMPN 1, SMPN 8 dan SMPN 6 Jogja.

BACA JUGA: Jazz Syuhada Bawa Semangat Kerukunan Lintas Agama di Jogja

Susilo menyampaikan penanganan rehab dan penanganan untuk pemeliharaan tidak bisa serta merta dalam satu tahun usulan. Perbaikan fisik bangunan sekolah cagar budaya dimulai dari mengkaji kebutuhan perbaikan banguanan, lalu dilakukan perencanaan DED, dan tahun berikutnya untuk pelaksanaan perbaikan fisik bangunan.

Susilo mengatakan keenam sekolah tersebut saat ini secara umum mengalami kerusakan minor. "Kerusakan ini kerusakan minor, tidak seperti di SD Keputran, itu memang plafonnya sudah banyak yang rusak dan ada sempat yang ambrol tetapi tidak melukai anak-anak. Sehingga SD Keputran ini untuk pekerjaan mayor karena kami mengganti genteng semua dan mengganti reng dan usuknya. Plafon kami ganti semua," kata Susilo.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Semeru Masih Luncurkan Awan Panas

News
| Senin, 05 Desember 2022, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement