Advertisement

Bikin Bakso, Tangan Kiri Pria Ini Malah Ikut Masuk ke Mesin Penggilingan Daging

Ujang Hasanudin
Minggu, 30 Oktober 2022 - 16:17 WIB
Arief Junianto
Bikin Bakso, Tangan Kiri Pria Ini Malah Ikut Masuk ke Mesin Penggilingan Daging Petugas berupaya mengevakuasi korban yang tangannya terjepit mesin pencacah daging bakso, Jumat (29/10/2022). - Istimewa/dok. BPBD Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Nahas menimpa seorang remaja, Alvaro, 18. Tangan kiri korban tercacah penggilingan daging untuk membuat adonan bakso di Dusun Karasan, Kalurahan Palbapang, Kapanewon Bantul, Kabupaten Bantul, Jumat (28/10/2022) sore lalu. Beruntung korban dapat terselamatkan oleh petugas Pemadam Kebakaran Bantul.

Kepada Bidang Pemadam Kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, Irawan Kurnianto mengatakan peristiwa kecelakaan kerja itu diketahui ketika pemilik penggilingan daging bernama Achmad Faisol memberitahukan kepada warga dan diteruskan ke BPBD Bantul untuk menolong korban yang tangannya terjepit mesin penggilingan daging.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

“Pemilik penggilingan daging untuk adonan bakso meminta tolong warga untuk datang ke Pos BPBD Bantul untuk melaporkan kejadian kecelakaan kerja dan meminta bantuan menolong korban,” katanya, Minggu (30/10/2022).

BACA JUGA: Tebing Bukit Bintang Longsor, Buka Tutup Jalur Lalu Lintas Diberlakukan

Setelah mendapatkan laporan warga, petugas pemadam kebakaran kemudian menerjunkan delapan anggota yang dipimpin oleh Khamdani untuk memberikan pertolongan kepada korban. Selain itu Tim Reaksi Cepat (TRC) dan petugas PSC 119 juga tiba di lokasi kejadian untuk membantu evakuasi korban.

Setelah tiba di tempat penggilingan daging, petugas pemadam kebakaran kemudian berusaha untuk menolong korban yang saat itu telapak tangan dan jari-jari korban sudah masuk dalam mesin penggilangan.

”Untuk mengevakuasi telapak tangan dan jari-jari korban akhirnya petugas menggergaji mesin penggilingan kemudian dipecah dengan alat,” ucap dia.

Setelah bagian penggilangan daging terbuka akhirnya tangan kiri korban  bagian telapak tangan dan jari-jari berhasil dievakusi. Hanya saja, kondisi telapak tangan dan jari-jari korban memang sudah nyaris hancur.

Advertisement

“Saat dievakuasi bahkan banyak darah yang berceceran dari telapak tangan dan jari-jari korban, empat jari-jari hancur,” jelasnya

‎Setelah berhasil mengevakuasi tangan korban, selanjutnya korban dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis. Proses evkuasi korban kurang lebih membutuhkan waktu sekitar satu jam.

Lebih lanjut Irawan mengatakan dari hasil keterangan pemilik penggilingana donan bakso, saat itu korban sedang menggiling daging, tetapi tanpa sengaja tangan korban masuk dalam mesin penggilingan daging.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

UKDW Jogja Meluluskan 342 Wisudawan

UKDW Jogja Meluluskan 342 Wisudawan

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KUHP Berlaku! Pelaku Pidana Korporasi Diancam Denda Rp50 Miliar

News
| Selasa, 06 Desember 2022, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement