Advertisement

TV Analog Segera Dimatikan, Pembagian Set Top Box di DIY Baru 30%

Triyo Handoko
Rabu, 02 November 2022 - 20:37 WIB
Arief Junianto
TV Analog Segera Dimatikan, Pembagian Set Top Box di DIY Baru 30% Ilustrasi. - JIBI/Solopos.com

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY telah mengajukan pembagian set top box (STB) pada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) sebanyak 86.419 unit.

Pengajuan tersebut telah disetujui dan kini sedang dibagikan ke warga DIY. Hingga Rabu (2/11/2022), sudah sebanyak 30% STB dibagikan. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Pembagian STB dilakukan untuk menunjang program digitalisasi siaran TV di Indonesia. STB digunakan untuk memfasilitasi TV biasa agar bisa menerima siaran TV digital. Penerima STB adalah warga dengan kemampuan ekonomi rendah.

Kepala Diskominfo DIY, Heri Edi Tri Wahyu Nugroho menjelaskan pembagian STB dilakukan Kemenkominfo langsung ke warga penerimanya. “Jadi lewat vendor yang sudah ditentukan Kemenkominfo dan tidak lewat Diskominfo DIY maupun Diskominfo kabupaten/kota,” kata dia, Rabu sore.

BACA JUGA: Pemkot Datangkan Mesin Pencacah Sampah Akhir Tahun Ini, Segini Harganya...

Heri menyebut pembagian STB dilakukan dengan berbagai cara, yakni lewat Kantor Pos hingga Bhabinkamtibmas di setiap kelurahan/kalurahan/desa. “Kalau di Kulonprogo itu lewat Bhabinkamtibmas, di Bantul lewat Kantor Pos, semua itu kewenangan vendor,” ujarnya. 

Meskipun dibagikan lewat vendor, kata Heri, Diskominfo DIY dan Diskominfo kabupaten/kota tetap berkoordinasi agar penyaluran STB tepat sasaran. “Koordinasi kami dengan Kantor Pos dan polsek yang ditunjuk vendor untuk membantu penyaluran,” katanya.

Heri menjelaskan kemungkinan di berbagai wilayah di DIY TV Analog tidak dimatikan. “Update-nya tidak semua wilayah di DIY, TV analognya mati ada yang tetap masih bisa dinikmati karena mungkin akses wilayahnya yang terpencil, sehingga jangan begitu khawatir,” ucap dia.

Advertisement

Meskipun demikian, Heri meminta masyarakat DIY terutama dengan kemampuan ekonomi menengah-atas untuk segera membeli STB. “Karena mereka tidak dapat bantuan STB, jadi segera beli agar bisa menikmati TV Digital karena sudah dijual luas juga,” tegasnya.

Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Diskominfo Jogja Frans Indiarto menyebut di wilayahnya dibagikan STB sebanyak 5.914. “Per 24 Oktober sudah dibagikan 3.823,” ujarnya, Rabu siang.

Frans menyebut vendor pendistribusian STB di Jogja dilakukan PT Inti. “Kalau vendor yang membagikan langsung ke kemantren dan kelurahan,” katanya.

Advertisement

Di Jogja dapat dipastikan semua wilayahnya, jelas Frans, dapat menerima sinyal TV Digital. “Kondisi geografis Jogja memungkinakan sinya TV digital bagus dan stabil, jadi kemungkinan jika TV analog sudah dimatikan secara nasional maka di Jogja semua wilayahnya akan menggunakan TV digital,” ucap dia.

Program digitalisasi TV, kata dia, patut didukung karena untuk memperluas sebaran informasi. “Semakin informasi dapat menyebar luas dan kualitasnya bagus akan berpengaruh baik ke peningkatan kualitas hidup masyarakat, jadi patut didukung bersama program ini,” tegasnya.

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polisi Ogah Beberkan Hasil Gelar Perkara Kasus Tambang Ilegal, Ini Alasannya

News
| Sabtu, 03 Desember 2022, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Rawat Ribuan Ikan di Sungai, Rumah Pria Ini Jadi Rujukan Wisata

Wisata
| Sabtu, 03 Desember 2022, 14:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement