Advertisement

Pemkot Datangkan Mesin Pencacah Sampah Akhir Tahun Ini, Segini Harganya...

CRY22
Rabu, 02 November 2022 - 18:17 WIB
Arief Junianto
Pemkot Datangkan Mesin Pencacah Sampah Akhir Tahun Ini, Segini Harganya... Ilustrasi. - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Dalam rangka pengelolaan sampah, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jogja menganggarkan pembelian mesin cacah pilah otomatis akhir tahun ini. 

Kepala Seksi Penanganan Persampahan DLH Kota Jogja, Mareta Hexa mengatakan DLH Kota Jogja menganggarkan pembelian mesin cacah pada triwulan IV tahun ini. 

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Pada triwulan terakhir, kami [DLH Kota Jogja] menganggarkan pengadaan mesin cacah pilah otomatis yang nanti bisa membantu mempercepat proses pemilahan sampah domestik rumah tangga warga sekitar TPS3R [tempat pengolahan sampah reduce, reuse, recycle]," kata Mareta, Rabu (2/11/2022). 

Nantinya mesin tersebut menghasilkan output olahan berupa bubur sampah organik yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan maggot dan residu sampah anorganik plastik.  

BACA JUGA: Teladan Music Festival 2022 Hadirkan BOYZ II MEN Sebagai Headliner

Dia berharap mesin cacah tersebut dapat memperkecil jumlah sisa residu sampah sehingga dapat mengurangi volume sampah yang dikirim ke TPST Piyungan

"Kami menganggarkan empat unit [mesin cacah pilah otomatis] dengan dua unit kapasitas besar dan dua unit kapasitas kecil," kata Mareta. 

Sementara untuk anggaran, pengadaan mesin tersebut dibujet sebesar Rp290 juta yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2022. "Masing-masing harganya Rp120 juta per unit untuk mesin kapasitas besar dan Rp25 juta per unit untuk mesin kapasitas kecil," ucap Mareta. 

Advertisement

Setiap mesin, kata dia, bisa mengolah sampah dengan kapasitas 3 ton per jam untuk mesin kapasitas besar, dan sekitar 200 kg per jam untuk mesin kapasitas kecil. 

Nantinya, satu unit mesin akan digunakan di TPS 3R Nitikan 1, sedangkan tiga lainnya akan digunakan di TPS 3R Nitikan 2 pada 2023. "Karena lahan yang memungkinkan di lokasi ini hanya sempit, jadi yang tiga baru bisa dipasang tahun depan di Nitikan 2," kata Mareta. 

Mareta menyampaikan keempat mesin tersebut masuk ke anggaran dan pengadaan tahun ini karena tahun depan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) diminta untuk merasionalisasi anggaran sehingga tidak ada pengadaan alat-alat yang besar. 

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cek Sederet Situs Live Streaming Gratis untuk Nonton Piala Dunia 2022

News
| Sabtu, 26 November 2022, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Unik! Hindari Bajak Laut, Rumah di Pulau Ini Dibangun di Bawah Batu Raksasa

Wisata
| Sabtu, 26 November 2022, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement