Advertisement

Penjual Mainan Anak Ini Jadi Pahlawan Bagi Puluhan Lulusan SLB di Jogja

Yosef Leon
Jum'at, 11 November 2022 - 22:27 WIB
Budi Cahyana
Penjual Mainan Anak Ini Jadi Pahlawan Bagi Puluhan Lulusan SLB di Jogja Rita Indriana, pemilik usaha mainan anak ABC Woodentoys berfoto bersama sejumlah produk mainan anak yang telah 19 tahun digelutinya. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kota Jogja punya salah seorang sosok yang patut dianggap berjasa laiknya pahlawan. Lewat usaha mainan anak yang ditekuninya 19 tahun silam, Rita Indriana mengajak serta anak-anak penyandang disabilitas dalam berkarya. 

Motivasi Rita berawal dari latar belakang pekerjaan suami sebagai guru Sekolah Luar Biasa (SLB). “Saya dan suami melihat sendiri di lapangan, upah dan perlakuan ke mereka (penyandang disabilitas) kok beda ya. Ada yang nggak kerja, ada juga yang ecek-ecek (mengamen) di perempatan jalan. Akhirnya kami putuskan untuk buat mainan edukasi," ungkap Rita.

Advertisement

Sekali mendayung dua pulau terlampaui. Rita Indriana pun mendirikan wadah untuk para lulusan SLB sekaligus membuat produk penuh manfaat bagi anak-anak. Usaha tersebut lahir pada 2003 dengan nama ABC (Anak Bangsa Cerdas) Woodentoys yang berlokasi di Gedongkiwo, Mantrijeron. 

Awalnya, ia memberdayakan lima orang karyawan termasuk tiga diantaranya merupakan lulusan SLB-B (penyandang tuna rungu) dan SLB-C (penyandang tunagrahita) untuk memproduksi berbagai mainan edukasi anak berbahan dasar kayu.

Setelah sekian lama berkarya bersama, Rita mengungkapkan satu kekagumannya terhadap teman-teman lulusan SLB. “Istimewanya mereka ini, mereka tidak mudah bosan saat mengerjakan sesuatu berulang kali. Jadi lebih happy kan mengerjakannya,” ungkapnya. 

Rita terbiasa memasarkan produknya secara luring melalui showroom serta berbagai pameran yang diadakan secara periodik. Untuk mengoptimalkan bisnisnya, Rita juga ikut beradaptasi pada perkembangan teknologi. “Waktu itu ada anak magang bilang, bisa loh jualan online. Dan wah ternyata benar. Nggak cuma buat mejeng produk aja, ternyata teknologi bisa jadi saluran baru,” ujar Rita.

ABC Woodentoys membuka toko di marketplace mulai tahun 2016. Ia mencoba memanfaatkan berbagai fitur. Rita terkejut dan senang setelah mengetahui produknya bisa dipasarkan tak hanya di wilayah Jogja, namun hingga ke seluruh Indonesia. 

"Dengan gabung ke marketplace dapat membantu kami membangun jaringan. Semakin meluasnya jaringan, tentu memberikan kesempatan untuk bertumbuh dan bisa membantu memberdayakan teman-teman penyandang disabilitas sehingga mereka bisa mendapatkan penghidupan yang layak," ucapnya

Sudah puluhan lulusan SLB yang Rita berdayakan. Saat ini Rita mempekerjakan 10 orang karyawan untuk proses produksi mainannya. Ia pun berharap kedepannya ABC Woodentoys dapat menjadi shelter workshop mandiri bagi lebih banyak lulusan SLB. Tak hanya itu, Rita juga berusaha untuk memberikan fasilitas terbaik bagi para karyawannya. Mulai dari pelatihan hingga menyediakan asuransi kesehatan dan ketenagakerjaan (BPJS). Menurutnya, penting agar karyawannya bisa mendapat kesejahteraan bahkan setelah pensiun nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement