Advertisement

Sudah 90% Set Top Box Dibagikan di DIY, Kapan Siaran TV Analog Dihentikan?

CRY22
Senin, 14 November 2022 - 19:27 WIB
Arief Junianto
Sudah 90% Set Top Box Dibagikan di DIY, Kapan Siaran TV Analog Dihentikan? Ilustrasi Perangkat set top box. - JIBI

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) DIY sebelumnya mengklaim telah mengajukan usulan keluarga yang mendapatkan set top box (STB) guna perpindahan dari siaran televisi analog ke siaran digital.

Dari usulan tersebut, sejumlah  86.419 STB akan dibagikan di kabupaten/kota di DIY. Kini sebanyak 90% STB telah dibagikan ke masyarakat. 

Advertisement

Kepala Diskominfo DIY, Hari Edi Tri Wahyu Nugroho menyampaikan penyaluran STB di kabupaten/kota DIY telah mencapai 90%. "Sudah sekitar 90 persen. Dapat informasi seperti itu kurang lebihnya STB yang didapat DIY sudah didistribusikan," ucap Wahyu.

Wahyu menyampaikan pembagian STB ditangani langsung Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dengan vendor yang sudah mereka pilih. Selanjutnya, Diskominfo DIY menerima laporan terkait jumlah yang telah dibagikan. 

BACA JUGA: Batik Air Trending Lagi Gara-gara Koper Kaesang, Maskapai: Maaf

Hingga Selasa (14/11/2022), kata dia, pembagian STB di Bantul telah mencapai 88.3%, di Gunungkidul mencapai 91,4%, Kota Jogja 95,2%, Sleman 99,6%, dan tertinggi Kulonprogo sebanyak telah dibagikan seluruhnya. 

Wahyu berharap, selain membagikan STB, vendor dapat memberikan pengetahuan kepada masyarakat terkait dengan instalasi dan pengoperasian STB. "Harapan kami [STB] yang dibagi bisa berfungsi dengan baik," ucapnya.

Hingga kini, DIY masih dapat menikmati siaran TV analog. Menanggapi hal itu, Wahyu menyampaikan kewenangan pemutusan siaran TV analog sepenuhnya ada di Kemenkominfo.  "Untuk DIY pastinya kapan [dimatikannya TV Analog] belum tahu juga," kata Wahyu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenag Luncurkan Alquran Terjemahan Bahasa Gayo

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement