Advertisement

Ring Road Utara Jogja Akan Dipakai untuk Tol, Ini Jadwal Pengerjaannya

Lugas Subarkah
Kamis, 17 November 2022 - 16:02 WIB
Budi Cahyana
Ring Road Utara Jogja Akan Dipakai untuk Tol, Ini Jadwal Pengerjaannya Ilustrasi jalan tol. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Ring Road Utara Jogja akan dipakai untuk jalan tol bagian dari Tol Jogja Solo Seksi 2. Tol di Ring Road Utara akan dibangun melayang kecuali di perempatan Monjali.

Tol Jogja Solo Seksi 2 dari Maguwo sampai Gamping yang melewati Ring Road Utara Jogja direncanakan dimulai pada kuartal pertama 2025. Rencana itu diungkapkkan Pejabat Humas Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Rachmat Jasiman. Dia menjelaskan sampai saat ini pembebasan lahan Tol Jogja Solo Seksi 1 sudah 34,82%.

Advertisement

Sementara, lahan untuk Seksi 2 dan 3 belum ada yang dibebaskan. Meski demikian, November ini tim persiapan sudah dalam proses pembebasan lahan Tol Jogja Solo Seksi 3, yakni dari Gamping sampai dengan Bandara Yogyakarta International Airport atau YIA. “Masih dalam tahap sosialisasi,” katanya.

Sebelumnya, Coorperate Communication PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Ahmad Izzi, optimistis pembangunan tol Joglo tahap pertama akan rampung pada awal 2024. Target itu sudah sesuai dengan harapan Menteri PUPR bahwa triwulan pertama 2024, semua proyek infrastruktur rampung.

Sampai saat ini, dia mengklaim perkembangan pembangunan Tol Jogja Solo berjalan sesuai rencana.

“Melihat progres hingga saat ini PT JMM optimistis dapat menyelesaikan pembangunan jalan Tol Solo Jogja YIA untuk tahap I dapat selesai di semester pertama tahun 2024,” katanya.

Ahmad menuturkan tol Joglo tahap pertama sepanjang 49,25 kilometer dibagi dalam tiga seksi. Ia mengatakan total perkembangan pembebasan lahan tol Jogja-Solo untuk Seksi 1 hingga awal November telah mencapai 54,18%. Sedangkan total perkembangan konstruksi Tol Joglo ruas Kartasura-Purwomartani sepanjang 42,375 kilometer adalah 22,78%.

BACA JUGA: Lahan Tol Jogja Solo yang Melewati Ring Road Utara Dibebaskan Tahun Ini, Ada Empat Desa yang Dilewati

Sesuai jadwal, pembebasan lahan Tol Jogja Solo tahap pertama dilakukan sejak triwulan pertama 2021 sampai dengan triwulan ketiga 2022 dan pekerjaan konstruksi dilakukan sejak triwulan pertama 2021 hingga triwulan kedua 2024. Adapun target operasi Tol Jogja Solo pada triwulan ketiga 2024 mendatang.

Kemudian Tol Jogja YIA sepanjang 38,57 kilometer yang menghubungkan Junction Sleman dengan YIA di Kulonprogo akan diawali pembebasan lahan mulai triwulan ketiga 2022 hingga triwulan ketiga 2023. Pekerjaan konstruksi dimulai pada triwulan keempat 2023 hingga triwulan keempat 2025 dan ditarget beroperasi pada triwulan pertama 2026.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sudah 3 Minggu Wafat, Jenazah Pebulutangkis China Zhang Zhi Jie Masih di RSUP Sardjito

News
| Jum'at, 19 Juli 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Ini Dia Surganya Solo Traveler di Asia Tenggara

Wisata
| Kamis, 18 Juli 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement