Advertisement

Bupati Sleman Kustini Ikut Lari di Sleman Temple Run 2022

Lugas Subarkah
Minggu, 20 November 2022 - 08:57 WIB
Bhekti Suryani
Bupati Sleman Kustini Ikut Lari di Sleman Temple Run 2022 Sleman Temple Run 2022 yang berlangsung Minggu (20/11/2022) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMANSleman Temple Run kembali berlangsung pada Minggu (20/11/2022) di Candi Banyunibo, Kalurahan Bokoharjo, Kapanewon Prambanan. Sebanyak 660 peserta mengikuti kompetisi lari tahunan ini, termasuk Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo. 

Mengenakan nomor BIB 3708, Kustini Sri Purnomo start bersama ratusan peserta lainnya di nomor 7K, tepat pukul 06.30 WIB. Tak hanya Kustini, mantan Bupati Sleman, Sri Purnomo dan Kepala Dinas Pariwisata DIY, SInggih Raharjo juga nampak mengikuti Sleman Temple Run di nomor 13K, yang start terlebih dahulu pukul 06.00 WIB.

Advertisement

Sleman Temple Run 2022 diikuti sebanyak 660 peserta yang datang dari berbagai negara seperti Indonesia, Amerika Serikat, Australia, Canada dan India. Jumlah peserta tahun ini masih dibatasi lantaran Indonesia masih dalam situasi pandemi.

“Tahun ini kami batasi 660. Nanti tahun 2023 akan kami buka lagi 2.500. Harapan saya dengan adanya Sleman Temple Run ini dapat meningkatkan pariwisata di Kabupaten Sleman dan bagi peserta luar negeri dapat mengetahui di Sleman banyak candi yang bisa dinikmati,” ujar Kustini.

Ia berterima kasih kepada seluruh peserta dan panitia atas terselenggaranya Sleman Temple Run 2022, yang diikuti oleh peserta dari berbagai negara. Selain menjadi ajang olahraga, Sleman Temple Run juga telah menjadi sport tourism yang dapat menarik kunjungan wisatawan.

BACA JUGA: Sultan Mengaku Diiming-imingi Miliaran untuk Salahgunakan Tanah Kas Desa

Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Ishadi Zayid, menuturkan event yang sudah berlangsung sejak 2015 ini merupakan bentuk promosi destinasi wisata atau sport tourism, khususnya terkait kekayaan wisata cagar budaya berupa candi yang tersebar di Sleman.

“Karena promosi wisata melalui event memberi dampak signifikan terhadap destinasi wisata dalam bentuk tumbuhnya aktivitas ekonomi serta dampak terhadap wisatawan itu sendiri dengan memberikan pengalaman dan kenangan yang spesifik,” katanya.

Untuk menambah daya tarik, Sleman Temple Run kali ini juga akan menampilkan potensi masyarakat lokal di sepanjang rute lari, seperti jathilan di Watu Balik, hadroh dan badui di Umbulsari, srandul  di Candi Ijo, barongan di Candi Barong dan lainnya.

Adapun hadiah bagi para pemenang baik kategori putra maupun putri yakni kategori 25K juara 1 Rp10 juta, juara 2 Rp8 juta dan juara 3 Rp6 juta. Kategori 13K juara 1 Rp8 juta, juara 2 Rp6 juta dan juara 3 Rp4 juta. Kategori 7K juara 1 Rp1,5 juta, juara 2 Rp1 juta dan juara 3 Rp500.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kubu Anies & Ganjar Minta MK Panggil Sejumlah Menteri, Kubu Prabowo Ajukan Megawati

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement