Advertisement

Awal Tahun Depan Pasar Godean Direhab, 3 Lokasi Transit Dikebut

Lugas Subarkah
Rabu, 23 November 2022 - 15:07 WIB
Arief Junianto
Awal Tahun Depan Pasar Godean Direhab, 3 Lokasi Transit Dikebut Persiapan Pasar Hobbies untuk dijadikan lokasi transit para pedagang, Rabu (23/11/2022) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN — Sebelum menempati tempat relokasi selama masa revitalisasi, untuk sementara pedagang Pasar Godean dipindah ke tiga lokasi transit. Pemkab Sleman pun mengebut persiapan tempat transit ini.

Kabid Pembinaan dan Pengembangan Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sleman, Raminta, menjelaskan saat ini pihaknya tengah menyiapkan ketiga tempat transit untuk bisa digunakan pada Desember mendatang.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

Ketiga tempat transit tersebut meliputi Pasar Hobbies dengan luas 1.529 meter persegi dengan daya tampung 198 pedagang; Sentra Belut dengan luas 2.295 meter persegi dengan daya tampung 132 pedagang; dan area Tanah Kas Desa (TKD) Sidokarto seluas 7.013 meter persegi dengan daya tampung 1.028 pedagang.

Pedagang akan boyongan ke tempat transit mulai 15 Desember mendatang. "Lama boyongan transit satu hari. Pedagang silakan nyicil berkemas. Waktu di lokasi transit enam bulan, Desember 2022 sampai Mei 2023," ujarnya dalam sosialisasi kepada pedagang, Rabu (23/11/2022).

BACA JUGA: Kapolda DIY Menyapa Personel Ditpolairud Polda DIY di Kawasan Pantai Depok

Lokasi transit di Sentra Belut saat ini sudah siap digunakan sementara di Pasar Hobbies dan TKD Sidokarto masih dalam proses persiapan. "Pedagang yang tidak ikut di transit bisa izin ke Lurah Pasar. Kami menyadari tempatnya sangat sederhana," ujar dia.

TKD Sidokarto sebagai tempat transit dengan paling banyak pedagang disiapkan menggunakan bangunan bambu dan beralaskan tanah. Tipe bangunan ini disamakan dengan tempat relokasi Pasar Potrojayan, Prambanan, yang dapat bertahan selama setahun.

"Bedanya kalau yang di sini pakai umpak, bambu terus dicor. Jadi ada penguatnya. Karena lahannya lebih terbuka sehingga resiko angin. Itu kajian dari Dinas PUPKP [Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman] Sleman. Jadi pakai konsultasi tidak asal membangun," katanya.

Advertisement

Kepala UPT Pelayanan Pasar Wilayah 1 Robertus Esthi Raharja, menjelaskan sekitar 800 lebih pedagang sudah disosialisasikan terkait dengan lokasi transit dan teknis pemindahan. "Kalau masih ada yang merasa belum terundang, kami open clinic, bisa konsultasi sama kami," katanya.

Pedagang harus menempati lokasi transit sebelum pindah ke tempat relokasi di Kalurahan Sidoluhur lantaran dimajukannya rencana revitalisasi Pasar Godean. Sesuai jadwal, pada Januari 2023 pasar harus sudah dikosongkan.

Padahal, tempat relokasi baru akan dibangun pada Januari 2023 dan ditargetkan selesai Mei 2023. Maka pedagang menempati lokasi transit hingga Mei 2023, lalu pindah di tempat relokasi hingga revitalisasi Pasar Godean Selesai pada Februari 2024.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Awan Panas Semeru Masih Keluar, BPBD Lumajang Tetapkan Masa Tanggap Darurat 14 Hari

News
| Senin, 05 Desember 2022, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Jangan Sampai Salah, Hotel 26 Lantai di China Ini Khusus untuk Babi

Wisata
| Minggu, 04 Desember 2022, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement