Advertisement

101 Makalah Didiseminasikan dalam Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi

Media Digital
Sabtu, 26 November 2022 - 17:47 WIB
Lugas Subarkah
101 Makalah Didiseminasikan dalam Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi Peserta mengikuti Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi 2022, di Gedung Pusat Kampus II USD, Sabtu (26/11/2022) - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Total sebanyak 101 makalah yang telah terkumpul dari civitas akademika baik dari Universitas Sanata Dharma (USD) maupun di luar USD didiseminasikan dalam Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi, Sabtu (26/11/2022).

Ketua Panitia Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi 2022, Yustina Sri Hartini, menjelaskan kegiatan ini menyediakan wadah untuk menampung dan mendiseminasikan karya ilmiah dosen dan mahasiswa. “Serta meningkatkan kuantitas dan kualitas karya ilmiah dosen dan mahasiswa baik dari USD maupun pihak lain dari luar USD,” ujarnya.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Bekerja sama dengan Indonesian Computer Electronics and Instrumentation Support Society (IndoCEISS), kegiatan ini menghadirkan empat pembicara utama yakni Rosa Delima dari Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW), L. N. Harnaningrum dari Universitas Teknologi Digital Indonesia, Iwan Binanto dan Ridowati Gunawan dari USD.

101 makalah tersebut rinciannya 77 makalah dari USD dan 24 makalah dari luar USD. Sebanyak 77 makalah dari USD ini berasal dari 26 dosen dan 51 mahasiswa. Adapun makalah dari luar USD berasal dari MA Santa Anglela Bandung, UNY, Sekolah Tinggi Keguruan Ilmu Pendidikan/STKIP Weetebula, SMAK St Louis 1 Surabaya, UKDW, Universitas PGRI Yogyakarta dan lainnya.

Wakil Rektor 1 USD, Sudi Mungkasi, menjelaskan dengan tema Pengembangan, Penerapan dan Pendidikan Sains dan Teknologi Pasca Pandemi, Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi ini fokus pada makalah yang mengangkat isu sains dan teknologi.

Walau masih dalam masa pandemi, namun diksi pasca pandemi dalam tema tersebut untuk membawa energi positif dan keyakninan bahwa kita mampu melewati masa pandemi dengan saling menguatkan dan berbagi.

“Tujuannya selain deseminasi adalah untuk hilirisasi hasil-hasil kajuan untuk kesejahteraan masyarakat. Jadi tidak hanya di atas kertas saja ilmu yang didapat, tidak hanya berupa prociding saja. Tapi harapannya betul-betul bisa diterapkan, misal membuat teknologi tepat guna,” katanya.

Seminar Nasional Sanata Dharma Berbagi digelar rutin dengan target satu semester sekali. Ada tiga tema besar yang selalu bergiliran diangkat dalam setiap pelaksanaannya, yakni sains dan teknologi, sosial dan humaniora serta seni dan budaya. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Panggil Menteri Jhonny Plate Kamis Besok

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement