Advertisement

PLUT Dinkop UKM Sleman Percepat Pembentukan Ekosistem Usaha

Media Digital
Senin, 28 November 2022 - 06:17 WIB
Arief Junianto
PLUT Dinkop UKM Sleman Percepat Pembentukan Ekosistem Usaha Para peserta Bimbingan Teknis Desain Komunikasi Produk yang digelar Dinkop UKM Sleman berfoto bersama sesuai kegiatan. - Istimewa

Advertisement

SLEMAN — Koperasi dan UMKM telah menjadi sumber kekuatan perekonomian yang memiliki potensi tinggi untuk mengakselerasi dan sekaligus menginklusifkan perekonomian daerah dan nasional.  Ketahanan perekonomian daerah dan masyarakat Sleman semasa krisi pandemi tidak dapat terlepas dari keberadaan dan keberdayaan UMKM.

 Pada tahun pertengahan tahun 2022, di Sleman terdapat 90.418 UMKM, 99,8% adalah Usaha Mikro. Menghadapi Revolusi Industri 4.0 dan pasar bebas semakin tingginya kompetisi antar-UMKM.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Berkaitan dengan hal tsb diperlukan  optimalisasi pembinaan dan pendampingan UMKM, untuk mendukung percepatan peningkatan daya saing dan on boarding produk umkm dalam berbagai Platform. Salah satu bentuk dukungan yang strategis untuk UMKM  adalah optimalisasi peran dan tugas Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT), baik dalam melakukan pembinaan dan pendampingan  maupun kurasi produk UMKM agar sesuai standart.

Rintisan PLUT KUKM sudah dilaksanakan Dinas Koperasi dan UKM sejak 2017 dengan konsep kegiatan pojok konsultasi  KUMKM dengan bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UKM DIY, untuk tenaga konsultan.Pada tahun 2019 di Bulan Juli bertepatan dengan peringatan Hari Koperasi Pemkab Sleman me-launching PLUT-KUKM secara mandiri.

PLUT adalah fasilitas layanan Pemkab Sleman melalui Dinas Koperasi UKM Kabupaten Sleman yang menyediakan jasa non finansial yang menyeluruh dan terintegrasi bagi koperasi dan UMKM untuk meningkatkan kinerja produksi, kinerja pemasaran, akses pembiayaan, pengembangan kewirausahaan melalui peningkatan kapasitas kewirausahaan, teknis, dan manajerial, dan kinerja kelembagaan dalam rangka meningkatkan daya saing KUMKM di Kabupaten Sleman.

PLUT, menjadi pusat konsutasi dan pendampingan UMKM, fasiliasi pendaftaran dan perijinan usaha, pengembangan produk unggulan daerah serta pengembangan marketplace UMKM dalam pengadaan pemerintah. Di dalam PLUT terdapat 5 konsultan, yakni Konsultan Pembiayaan, Konsultan SDM, Konsultan Kelembagaan, Konsultan Produksi dan konsultan Pemasaran.Para konsultan telah memiliki sertikasi untuk melakukan pendampngan UMKM.

Melalui ketugasan dan fungsi Plut, diharapkan dapat percepat upaya untuk membangun ekosistem usaha yang kondusif. Membangun ekosistem usaha tidak hanya ditentukan oleh aspek kebijakan, regulasi  dan fasiltasi pemerintah tetapi juga sangat ditentukan kapasitas dan komitmen dari pelaku usahanya (UMKM) sendiri.

LAYANAN PLUT

1. KONSULTASI BISNIS KUMKM

Pemberian layanan konsultasi yang terkait dengan peningkatan kinerja dan daya saing usaha  KUMKM, antara lain:

- Pengembangan SDM KUMKM

- Manajemen usaha

- Peningkatan kualitas produk

- Hak Kekayaan Intelektual (HAKI)

- Kemitraan usaha

- Pemanfaatan teknologi informasi

2. PENDAMPINGAN ATAU MENTORING BISNIS

Menyediakan mentor bisnis yang khusus memberikan pendampingan secara regular khususnya untuk KUMKM yang ingin naik kelas dan membenahi masalah-masalah usaha yang mereka hadapi. Fungsi mentor bisnis adalah untuk pengembangan bisnis KUMKM.

3. AKSES PEMASARAN MELALUI SLEMAN MART

Guna meningkatkan akses pemasaran, Pemkab Sleman memfasilitasi pelaku KUMKM yang belum memiliki kapasitas di bidang IT namun memiliki produk dengan berkualitas bagus dan layak jual dengan menghadirkan paltform toko online Sleman Mart.

Selain sebagai akses pasar, melalui platform Sleman Mart pelaku KUMKM juga bisa belajar dan mengenal pasar online dengan memanfaatkan fasilitas laboratorium komputer yang disediakan oleh PLUT KUKM Sleman.

Keberadaan sleman mart juga didukung oleh galeri produk KUMKM yang berfungsi sebagai stokis dan toko offline dengan pengelolaan administrasi sebuah toko modern. Dengan konsep ini, galeri ini dapat sekaligus dijadikan laboratorium “hidup” pengembangan pasar bagi pelaku KUMKM.

4. FASILITASI AKSES PEMBIAYAAN

Akses Kredit ke lembaga perbankan & Non Bank dan penguatan modal pemerintah, juga fasilitas yang disediakan oleh Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah.

Bantuan dari Lembaga Donor Nasional  & Internasional.

5. PELATIHAN BISNIS

Pelatihan untuk KUMKM/calon wirausaha untuk pembuatan baru/peningkatan kualitas produk. Pelatihan skill manajerial untuk pengembangan bisnis KUMKM, misalnya: pelatihan internet marketing, akuntansi dan perpajakan.

6. NETWORKING

PLUT menyediakan sarana networking dalam hal: sharing pengalaman dengan pengusaha besar/menengah dan lembaga lainnya yang dapat membantu KUMKM mengembangkan usahanya.

Di dalam melakasakan tugas para konsultan Plut tidak hanya memberikan pelayanan di kantor, tetapi juga di lapangan. Plut juga memiliki berbagai program kegiatan selain menerima konsultasi UMKM, yakni  kelas online, konsultasi online melalui WA, Membuka layanan konsultasi Ngopi mantab (ngobrol pagi masih tentang bisnis) di kapanewon secara terjadwal, juga pendampingan umkm pasca pelatihan.

Mengakes PLUT

Masyarakat Sleman dan juga UMKM yang memiliki usaha di wilayah kabupaten Sleman dapat mengakses layanan Plut tanpa dikenakan biaya. Masyarakat yang akan mengakses layanan diharapkan datang di kantor Plut sleman yang berada di jalan Candi Gebang ( depan rumah dinas Bupati Sleman) Tridadi, Sleman.

Setelah mendaftar yang mendapatkan pelayanan secara otomatis bagi UMKM yang belum masuk pada satu data UMKM Sleman akan dimasukan dalam data tersebut, dan juga akan dimasukan sebagai sobat PLUT dan pada WA Group Plut Sleman, Saat ini sudah terdapat 8 WA Group sobat Plut.

Bagi yang sudah masuk dalam WA group para UMKM akan memperoleh informasi pelatihan, fasilitasi pemerintah, program dan kegiatan pemerintah baik dari dinas Koperasi UKM Kabupaten Sleman, Dinkop-UKM DIY mauapun dari Kementerian Koperasi UKM. Bahkan juga dapat berkonsultasi secara online baik melalui surel maupun WA tentang apapun terkait usaha yang dikelolanya.

Bagi masyarakat yang akan memerlukan pendampinga usaha  di lapangan oleh konsultan PLUT, dapat mengajukan surat ke Dinas koperasi UKM dengan syarat dilaksanakan secara kelompok. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kejagung Panggil Menteri Jhonny Plate Kamis Besok

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement