Advertisement

Ratusan Orang Ikuti Pelatihan Digital BPSDMP Kominfo DIY

Media Digital
Selasa, 29 November 2022 - 19:57 WIB
Budi Cahyana
Ratusan Orang Ikuti Pelatihan Digital BPSDMP Kominfo DIY SuasanatalkshowDigital Talent Scholarship, Semua Bisa Jadi Jagoan Digital yang diikuti ratusan peserta dengan antusias, Selasa (29/11/2022). - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sedikitnya 200 orang mengikuti talkshow bertajuk Digital Talent Scholarship, Semua Bisa Jadi Jagoan Digital pada Selasa (29/11/2022). Kegiatan yang diadakan Balai Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BPSDM) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) DIY tersebut menyasar berbagai kelompok, termasuk siswa SMK, mahasiswa, pengelola wisata, hingga pelaku UMKM.

Program Digital Talent Scholarship (DTS) milik Kominfo sudah berlangsung sejak 2018 berupa beasiswa bagi pesertanya. BPSDMP Kominfo DIY yang melaksanakan program tersebut mengelola DTS di Jawa Tengah, Bali, dan DIY. Adapun ragam beasiswa yang diberikan BPSDMP Kominfo DIY meliputi tujuh jenis. Tujuh beasiswa tersebut disesuaikan dengan spesifikasi kelas DTS, misalnya Digital Entrepreneurship Academy untuk pelatihan dengan target peserta UMKM dan usaha rintisan, Fresh Graduate Academy untuk lulusan Sarjana, hingga Vocational School Graduate Academy  program pelatihan dan sertifikasi kompetensi SMK.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kepala BDSMP Kominfo DIY Christiany Juditha menjelaskan setiap DTS memiliki tema spesifik yang telah disusun sesuai dengan kebutuhan pengembangan SDM bidang digital di masing-masing targetnya. “Ini upaya kami untuk selaras dengan program presiden untuk terus mendorong transformasi digital yang tidak hanya tentang pembangunan infrastruktur digital saja, melainkan juga dengan pembangunan SDM,” jelasnya Selasa siang.

Christiany menyebut talkshow yang digelar untuk menyosialisasikan beasiswa dan meningkatkan kesadaran pentingnya pengembangan keterampilan digital pada masyarakat luas. “Acara ini bertujuan agar makin banyak yang tertarik mengikuti DTS karena kami berikan beasiswa, juga untuk meningkatkan kesadaran digital masyarakat,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut juga diadakan beragam diskusi, seperti peluan industri metaverse. “Diskusi ini untuk memantik peserta agar makin memahami perkembangan industri digital yang pesat dan peluangnya beragam,” ujar Christiany.

Kepala Diskominfo DIY Heri Edi Tri Wahyu Nugroho mengapresiasi kegiatan tersebut saat memberikan sambutan. “Program DTS patut didukung karena memberikan kesempatan pada msayrakat luas untuk terus mengembagkan keterampilan digital,” katanya, Senin siang.

Heri menjelaskan keterampilan digital jadi keniscayaan yang dibutuhkan untuk mengikuti perkembangan zaman. “Sekarang keterampilan digital sudah jadi keterampilan dasar yang penting agar bisa mengikuti kebutuhan dan tantangan,” jelasnya.

Tanpa keterampilan digital, lanjut Heri, sulit untuk menyesuaikan keadaan. “Semuanya serba pakai Internet sekarang, jadi harus disesuaikan agar bisa menangkap berbagai bentuk peluang yang ada,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jasad Pasutri asal Karanganyar Ditemukan Mengapung di Sungai Bengawan

News
| Senin, 30 Januari 2023, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement