Advertisement

Perhatian! TV Analog di Jogja Akan Dimatikan Sabtu Besok

Yosef Leon
Kamis, 01 Desember 2022 - 18:22 WIB
Budi Cahyana
Perhatian! TV Analog di Jogja Akan Dimatikan Sabtu Besok Ilustrasi anak menonton televisi - Antara/Saiful Bahri

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan mematikan atau menonaktifian layanan TV analog di wilayah Jogja dan sekitarnya di DIY pada Sabtu (3/12/2022) mulai pukul 00.01 WIB.

Jadwal penonaktifan dan peralihan ke TV digital itu disampaikan oleh Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kota Jogja seusai rapat koordinasi persiapan analog switch off dengan Balai Monitoring Frekuensi Radio Kelas 1 Jogja, Kamis (24/11/2022). 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Benar, untuk wilayah DIY, Jawa Barat dan Jawa Tengah analog switch off akan dilaksanakan pada Sabtu, 3 Desember 2022, pukul 00.01 WIB. Masyarakat masih bisa menikmati frekuensi analog secara formal sampai dengan Jumat, 2 Desember 2022," kata Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Diskominfo Jogja Frans Indiarto, Kamis (1/12/2022). 

Sebenarnya, Pemerintah Pusat berencana menonaktifan layanan TV analog pada 25 November lalu untuk wilayah Jawa. Sebelumnya, TV analog sudah dimatikan di Jabodetabek. Namun, akibat pendistribusian set top box (STB) untuk menangkap siaran TV digital yang belum merata, analog switch off ditunda  sampai 2 Desember. 

"Namun secara resmi di wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DIY, analog switch off sudah dimulai pada 3 Desember 2022. Sementara di wilayah Jawa Timur, analog switch off belum diberlakukan pada 3 Desember 2022 karena masih banyak warga masyarakat yang belum memiliki STB," jelasnya.

BACA JUGA: Sleman Ingin Bikin Wisata Malam Seperti di Bali

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfosan Kota Jogja Edy Sugiarto menyatakan sebanyak 90 persen STB telah disalurkan kepada masyarakat di Jogja. Bantuan STB diberikan kepada 3.225 warga dan 3.070 sudah disalurkan sampai dengan dengan 14 November lalu. 

"Kami imbau kepada warga yang belum beralih ke TV digital untuk segera melakukan peralihan sampai batas waktu yang ditentukan," ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Misterius! 3 Lumpang Batu Dipercaya Warga Simpan Harta Karun Emas

News
| Minggu, 05 Februari 2023, 17:30 WIB

Advertisement

alt

Wah...Kini Ada Wisata Pasar Kuliner Minggu Pagi di Pakuningratan Jogja

Wisata
| Minggu, 05 Februari 2023, 15:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement