Advertisement

Peringati Hari Koperasi, Pemkot Jogja Ajak Generasi Muda Gabung Koperasi

Media Digital
Jum'at, 02 Desember 2022 - 18:47 WIB
Budi Cahyana
Peringati Hari Koperasi, Pemkot Jogja Ajak Generasi Muda Gabung Koperasi Jumpa pers Penkot Jogja untuk Hari Koperasi ke -75 di Balai Kota pada Jumat (2/12/2022). - Harian Jogja

Advertisement

JOGJA—Hari Koperasi ke-75 dirayakan Pemkot Jogja dengan berbagai kegiatan. Bertajuk Ayo Berkoperasi, kegiatan tersebut hendak menyasar generasi muda untuk turut bergabung dalam koperasi.

Generasi muda jadi sasaran karena mereka yang akan melanjutkan pembangunan ekonomi. Melalui koperasi, harapannya nilai gotong royong dalam ekonomi pada generasi muda dapat tumbuh.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kegiatan yang dikoordinasi Dinas Perindustrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disprinkop UKM) Jogja tersebut melibatakan berbagai organisasi koperasi. Organisasi tersebut adalah Dewan Koperasi Indonesia (Depkopinda) Jogja, Forum Komunikasi Kota Yogyakarta (F3Y), dan Asosiasi Baitul Maal Wattanmil Indonesia (Absindo).

Kepala Disprinkop UKM Jogja Tri Karyadi Riyanto Raharjo menjelaskan tujuan kegiatan perayaan tersebut untuk meningkatkan promosi produk-produk unggulan koperasi. “Agar bisa mendatangkan investor untuk bisa mengembangkan koperasi lebih maju lagi,” katanya, Jumat (2/12/2022).

Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk pameran yang digelar dua hari di Taman Pintar, Jogja pada Sabtu-Minggu (3-4/12/2022). “Ada juga lomba-lomba supaya makin meriah, ada juga talkshow untuk meningkatkan pemahaman pelaku koperasi, dan hiburan lainnya,” jelas Totok sapaan akrab Kepala Disprinkop UKM Jogja.

Totok menyebut sosialisasi dan edukasi kerap dilakukan pihaknya untuk mengajak generasi muda agar bergabung dengan koperasi. “Sosialisasi terus kami lakukan, termasuk edukasi manfaat dan nilai gotong royong dalam koperasi,” ujarnya.

Kelompok Substansi Kelembagaan Koperasi Disperinkop UKM Jogja Sigit Dwinanto menyebut kolaborasi dan kerjasama jadi kunci mengajak generasi muda untuk bergabung ke koperasi. “Berbagai organisasi koperasi mahasiswa di kampus-kampu Jogja selalu bikin kerja sama dengan kami,” katanya.

Melalui koperasi mahasiswa, jelas Sigit, berbagai strategi untuk meningkatkan keanggotan koperasi dari generasi muda jadi lebih mudah. “Karena mereka yang punya basis kelompok yang solid, bahkan ikatan alumninya juga tetap kami ajak kolaborasi untuk terus bisa mengembangkan koperasi di tingkat lain,” jelasnya, Jumat pagi.

Sigit menyebut selain ke koperasi mahasiswa, pihaknya juga aktif dengan berbagai kelompok lain agar generasi muda bergabung koperasi. “Kegiatan ini juga kami lakukan di Taman Pintar, harapannya dari audiens acara juga dari generasi muda,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BUMN Siap Perkuat Industrialisasi Pangan

News
| Rabu, 01 Februari 2023, 19:42 WIB

Advertisement

alt

Seru! Ini Detail Paket Wisata Pre-Tour & Post Tour yang Ditawarkan untuk Delegasi ATF 2023

Wisata
| Rabu, 01 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement