Advertisement

TV Analog Dimatikan, Penjualan STB Meningkat di Jogja

Triyo Handoko
Jum'at, 02 Desember 2022 - 18:17 WIB
Bhekti Suryani
TV Analog Dimatikan, Penjualan STB Meningkat di Jogja Salah satu pembeli STB di Toko Mutara sesang menerima penjelasan pemasangan STB untuk mendapat siaran TV Digital, Jumat (2/12/2022). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sejumlah toko elektronik yang menjual set top box (STB) yang berfungsi untuk mendapatkan siaran TV Digital kini panen untung. Rata-rata penjualan STB di tiap toko setiap bulan melonjak mencapai lebih dari 200 STB.

Sejak Oktober lalu diumumkan TV Analog akan dimatikan dan digantikan TV Digital penjualan STB meningkat. Rata-rata per hari toko elektronik di Jogja mampu menjual 10 STB.

Advertisement

Peningkatan penjual paling signifikan terjadi pada November lalu. Salah satunya dialami toko Mutara yang menjual antena dan perlengkapan TV lainnya yang berada di Jl. HOS Cokrominato, Jogja.

Karyawan Mutara, Ahmad Bimo menyebut penjualan STB awal Desember ini sudah mualai lesu dibanding November. “Bulan lalu, November itu kami bisa menjual 20an STB tiap harinya, bahkan ada yang borongan untuk hotel-hotel itu sampai 30 STB,” katanya, Jumat (2/12/2022).

Bimo menjelaskan rata-rata penjualan STB di Mutara sejak September adalah 200 STB per bulannya. Lesunya penjualan STB saat ini, jelas Bimo, karena masyarakat sudah membeli pada bulan-bulan sebelumnya. “Kalu STB kami ini penjual yang pertama, sudah sejak 2021 lalu,” ujarnya.

Puncak masyarakat, lanjut Bimo, membeli STB pada November kemarin. “Kami punya tiga toko di lokasi yang beda, jika digabung penjualannya mungkin lebih dari seribu STB,” jelasnya.

Selain menjual STB, sambung Bimo, tokonya juga menyedikan layanan pemasangan. “Karena belum banyak yang tahu kami bantu pasangkan, sebenernya mudah saja,” terangnya.

STB yang dijual Mutara beragam merek dengan harga yang variatif. “Setiap merek punya aplikasi yang beda-beda, tapi dungsinya sama. Di kami ada empat merek STB, paling murah Rp250 ribu paling mahal Rp375 ribu,” ujarnya.

Peningkatan penjulan STB juga dialmi toko  Fajar Electronic Center di Jl. Dr Sutomo, Jogja. Setidaknya ada tiga jenis STB yang dijual di toko ini.

BACA JUGA: Target PAD Pariwisata Bantul Tahun Ini Dipastikan Gagal Dicapai, Begini Dalih Dispar

Karyawan Fajar Electronic Center, Purwanti menyebut peningkatan penjualan STB karena rencana penghentian siaran TV Analog. “Memang itu yang bikin penjualan naik, kami menjual itu juga karena ada rencana TV Digital ini,” katanya, Jumat sore.

Purwati menyebut sejak Oktober penjualan STB rata-rata 200 buah per bulan. “Kalau saya lihat masyarakat malah banyak yang beli online, yang dateng kesini juga bandingin dengan harga online,” ujarnya.

STB yang dijual Fajar Electronic Center, jelas Purwati, ada tiga merek. “Paling murah Rp235 ribu sampai Rp350 ribu,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kru Lion Air yang Tabrak Garbarata di Merauke Negatif Alkohol & Narkoba

News
| Sabtu, 28 Januari 2023, 09:07 WIB

Advertisement

alt

Resmi Dibuka, Ini Wahana Solo Safari Zoo yang Dahulu Taman Taru Jurug

Wisata
| Sabtu, 28 Januari 2023, 08:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement