Advertisement

Pejabat DIY Sukses Mengocok Perut Penonton di Pementasan Ketoprak

Sunartono
Minggu, 04 Desember 2022 - 08:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pejabat DIY Sukses Mengocok Perut Penonton di Pementasan Ketoprak Pementasan Ketoprak bertajuk Rukun Agawe Santoso, Crah Agawe Bubrah sukses digelar di pelataran Monumen Serangan Umum 1 Maret, Kawasan Malioboro, Sabtu (3/12/2022) malam. - Youtube.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pementasan Ketoprak bertajuk Rukun Agawe Santoso, Crah Agawe Bubrah sukses digelar di pelataran Monumen Serangan Umum 1 Maret, Kawasan Malioboro, Sabtu (3/12/2022) malam. Para pemain yang didominasi pejabat di Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) DIY ini sukses mengocok perut para penonton.

Pantauan Harianjogja.com, ribuan orang berjubel di pelataran Monumen Serangan Umum 1 Maret, titik nol kilometer baik di dalam maupun di luar gerbang. Mereka menyaksikan pementasan pertama kali keterlibatan para pejabat bermain ketoprak bersama sejumlah seniman di Jogja.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Alur cerita di awali dengan munculnya Jaya Sudarga yang diperankan oleh Rama Banar yang dihasut oleh Mingun agar bersedia menjadi calon lurah. Mingun yang diperankan oleh Dalijo Angkring pun menjadi mediator yang mempertemukan tiga orang yang bersedia mendanai Jaya Sudarga untuk maju dalam pemilihan lurah.

Ketiga orang yang botoh itu adalah Dirga yang diperankan oleh Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, Amir oleh Bupati Gunungkidul Sunaryanta dan Tarjo yang dimainkan oleh Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo. Ketiganya pun membagi-bagikan uang tunai di dalam amplop kepada Jaya Sudarga lewat Mingun.

Baca juga: Jogja Darurat STB! Toko Kehabisan Stok, Pemda DIY Telusuri Dugaan Penimbunan

Aku iki ra iso omong Jowo [aku tidak bisa bicara pakai Bahasa Jawa], soale nek pakai Bahasa Jawa kayak suara knalpot blombongan, yang jelas sampaikan kepada Jaya Sudarga bahwa beliau pantas jadi Lurah,” ucap Botoh Dirga kepada Mingun diiringi suara gelak tawa penonton.

Aksi itulah yang mengocok perut penonton. Gubernur DIY Sri Sultan HB X yang menonton secara langsung pun tampak beberapa kali tertawa melihat aksi ketiganya. Tak hanya itu ada sejumlah aksi pejabat lainnya yang membuat penonton tak mampu menahan tawa, di antaranya adegan Danlanal DIY Kolonel Damayanti sebagai Miranti dan Gubernur AAU Marsda Eko Dono Indarto sebagai Darpo seorang pedagang. Darpo yang mendapatkan segepok uang dari Mingun agar mencoblos Jaya Sudarga. Ia membawa uang tersebut kepada Miranti, istrinya pun langsung sumringah karena pulang dari pasar bawa segepok uang.

Padahal biasane mung entuk telung puluh ewu, kwi wae nggo tuku rokok telung puluh limo ewu,” ucapnya.

Ketoprak yang disutradari Bambang Paningron ini berusaha menyuguhkan penampilan para pejabat yang memberikan pesan politik uang agar dihindari oleh masyarakat. Para penonton seluruhnya menyaksikan ketoprak yang berdurasi sekitar dua jam tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Catat Rekor, Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tertinggi dalam Sewindu

News
| Senin, 06 Februari 2023, 15:27 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement