Advertisement

Sebanyak 328 Calon PPK KPU Jogja Jalani Tes Tulis

Yosef Leon
Senin, 05 Desember 2022 - 23:47 WIB
Arief Junianto
Sebanyak 328 Calon PPK KPU Jogja Jalani Tes Tulis Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Sebanyak 328 calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) KPU Kota Jogja akan mengikuti seleksi tertulis dalam proses rangkaian seleksi untuk Pemilihan Umum serentak 2024 mendatang. Seleksi tertulis akan digelar pada 4 Desember mendatang dengan sistem computer assisted test (CAT). 

Ketua KPU Kota Jogja Hidayat Widodo, menjelaskan tes tertulis yang diberikan kepada calon PKK bertujuan mengukur kemampuan calon berkaitan dengan pemahaman kebangsaan dan pengetahuan kepemiluan. Dengan begitu PKK yang terpilih diharapkan punya komitmen dan integritas yang baik untuk menjalankan agenda demokrasi. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Nanti seleksinya akan kami selenggarakan satu hari saja yang dibagi ke dalam tiga gelombang yakni pukul 08.00 WIB, 10.30 WIB, dan gelombang terakhir pukul 14.00 WIB. Seleksi dengan sistem CAT dengan durasi pengerjaan 90 menit," ungkapnya, Senin (5/12/2022). 

Hidayat menambahkan, dalam seleksi tertulis itu akan ada 75 soal yang diujikan dan terbagi ke dalam 20 soal uji pemahaman kebangsaan, 20 soal kompetensi dasar serta 35 pengetahuan kepemiluan. Nantinya pada tahap ini, KPU Jogja memutuskan untuk mengambil tiga kali lipat jumlah kebutuhan PPK dari peserta yang ikut seleksi tulis untuk diloloskan pada tahap seleksi selanjutnya.

"Kami kan butuhkan 70 PPK, artinya dari seleksi ini nanti akan kita ambil sebanyak 210 orang saja untuk maju ke seleksi selanjutnya," ungkap Hidayat. 

BACA JUGA: Warga Jogja Dilarang Buang Sampah Anorganik Mulai 2023, Depo Dijaga Aparat

Peserta yang memiliki nilai tertinggi nantinya akan diurutkan per kemantren dengan maksimal ranting maksimal 15 yang berhak lolos ke tahap selanjutnya. Adapun pengumuman akan dilaksanakan pada rentang waktu 8-10 Desember dan dilanjutkan dengan seleksi wawancara yang dijadwalkan dilakukan pada 11-13 Desember mendatang. 

Di sisi lain pihaknya juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menyampaikan masukan atau tanggapan terhadap seleksi PPK. Sampai saat ini sudah ada sejumlah masukan yang dikirim oleh masyarakat berkaitan dengan tahapan seleksi PPK dan diharapkan jadi bagian pertimbangan bagi KPU untuk menetapkan petugas PKK. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Duh, Konsumsi Pemerintah Jadi Ganjalan Pertumbuhan Ekonomi di 2022

News
| Senin, 06 Februari 2023, 16:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement