Advertisement

Gencarkan Literasi Digital, Kemenkominfo Gelar Netizen Fair di Jogja Besok

Arief Junianto
Jum'at, 09 Desember 2022 - 16:17 WIB
Arief Junianto
Gencarkan Literasi Digital, Kemenkominfo Gelar Netizen Fair di Jogja Besok Siberkreasi Netizen Fair. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi kembali menggelar Siberkreasi Netizen Fair (SNF) di Hotel Grand Inna Malioboro, Jogja, Sabtu (10/12/2022) mulai pukul 13.00 WIB. Kegiatan tersebut merupakan puncak selebrasi kegiatan literasi digital yang meliputi gelar wicara, lokakarya, dan hiburan untuk seluruh warganet Indonesia.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kemampuan dan kecakapan digital masyarakat serta mendorong kolaborasi multistakeholders untuk literasi digital dalam rangka menciptakan ekosistem digital yang cerdas, positif, kreatif, produktif, dan bertanggungjawab dalam memanfaatkan ruang digital.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kegiatan SNF pertama kali diadakan pada 2017 dengan serangkaian kegiatan yang dihadiri oleh 10.000 orang. SNF pada tahun-tahun berikutnya selalu rutin diadakan dan diikuti oleh para peserta yang sangat antusias dan kolaborasi dari para jejaring Siberkreasi.

Untuk tahun ini, SNF akan dilaksanakan secara hybrid dengan target peserta luring sebanyak 1.000 orang dan dihadiri secara daring oleh 50.000 peserta.

Dari rilis yang diterima Harianjogja.com, rangkaian kegiatan SNF tahun ini di antaranya berupa pemberian materi, yaitu gelar wicara bertajuk Obral-Obrol liTerasi Digital (OOTD) dan kelas lokakarya tematik.

BACA JUGA: Sultan Berpesan UMKM Bermitra dengan Perusahaan Besar Agar Mampu Bersaing

Sesi OOTD di panggung utama akan membahas mengenai pemanfaatan ruang digital yang inklusif, etis, dan aman. Sesi ini akan dibawakan oleh pemateri yang berasal dari berbagai kalangan, di antaranya adalah Nicholas Saputra, Nadia Mulya, Yosi Mokalu, dan lain sebagainya.

Untuk kelas lokakarya akan mencakup materi hands on mengenai kreasi konten, digital networking, dunia game online, dan podcast yang dibawakan oleh para praktisi teknologi digital. Kegiatan ini diharapkan dapat mendorong masyarakat menjadi lebih cerdas, positif, kreatif, produktif, dan bertanggung jawab dalam memanfaatkan ruang digital.

Selain itu, hiburan di panggung utama akan dimeriahkan oleh Ndarboy Genk dengan music performance dan membawakan lagu-lagu populer di kalangan masyarakat, serta gim interaktif berhadiah menarik.

Untuk mengikuti kegiatan ini, para peserta dapat mendaftarkan diri melalui tautan https://s.id/daftarsnf2022. Adapun informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dan info kegiatan dapat diakses melalui website info.literasidigital.id atau media sosial Instagram @literasidigitalkominfo dan @siberkreasi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ingin Temui Megawati, Surya Paloh: Kita Kasih Kode-Kode Dulu

News
| Rabu, 01 Februari 2023, 16:17 WIB

Advertisement

alt

Seru! Ini Detail Paket Wisata Pre-Tour & Post Tour yang Ditawarkan untuk Delegasi ATF 2023

Wisata
| Rabu, 01 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement