Advertisement

PMI DIY Kirim Belasan Relawan yang Pakar di Bidang WASH ke Cianjur

Bernadheta Dian Saraswati
Sabtu, 10 Desember 2022 - 18:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
PMI DIY Kirim Belasan Relawan yang Pakar di Bidang WASH ke Cianjur Ilustrasi Palang Merah Indonesia - Harian Jogja/Kusnul Isti Qomah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) mengirimkan 13 relawan yang memiliki kemampuan WASH (Water Sanitation and Hygiene Promotion), logistik & distribusi, kaji cepat, dan manajemen tanggap darurat bencana untuk membantu masyarakat terdampak bencana gempa bumi Cianjur. Tim berangkat pada Kamis, 8 Desember 2022 siang dari Markas PMI DIY, Gamping, Sleman.

“Tiga belas orang relawan dari PMI Kabupaten dan Kota seluruh DIY akan bertugas selama tujuh hari untuk membantu dalam hunian sementara, distribusi, dan WASH," tutur Ketua PMI DIY, GBPH. H. Prabukusumo, S.Psi dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Jumat (9/12/2022). 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Dalam tahap bantuan awal ini, PMI DIY juga mengirimkan terpal sejumlah 10 gulung berukuran 4x50 meter, tenda keluarga sejumlah 50 unit, alas tenda 6 bal atau 150 lembar, 50 pasang kruk, dan mi instan sejumlah 250 dus atau sejumlah 10.000 pcs dengan menggunakan 4 armada pikap dan satu mobil box.

Selain itu, Tim Relawan PMI DIY juga akan melakukan kaji cepat (assessment) kebutuhan masyarakat terdampak bencana gempa bumi yang terjadi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada 21 November 2022 yang lalu.  

Baca juga: Amplaz Tetap Buka Saat Kaesang Menikah di Royal Ambarrukmo, Akses Kendaraan Dialihkan Lewat Barat

“Hasil kaji cepat kebutuhan tersebut akan kami gunakan untuk menyiapkan sejumlah langkah melengkapi respons bantuan tahap awal ini. PMI DIY telah membuka donasi untuk menyalurkan bantuan dari masyarakat dari DIY maupun luar wilayah. Alhamdulillah, responsnya baik dan tentu kami berterima kasih dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat yang telah mengirimkan donasinya melalui PMI DIY,2 tutur dia. 

Sampai Rabu (8/12/2022) pukul 09.58 WIB sudah terkumpul sejumlah Rp196.005.412,00. PMI DIY masih membuka donasi untuk menyalurkan bantuan kepada masyarakat Kabupaten Cianjur yang terdampak bencana melalui Bank Mandiri nomor rekening 137-000-744-959-4 atas nama Penanggulangan Bencana PMI Provinsi DIY. 

“Kami akan membuka donasi ini sampai dengan Februari 2023 dan selanjutnya akan menyalurkannya kepada masyarakat yang membutuhkan di Cianjur sesuai dengan hasil kaji cepat kebutuhan pada tahap pemulihan awal dan pascabencana. PMI DIY akan turut membantu dari tahap tanggap darurat, pemulihan awal sampai dengan rehabilitasi rekonstruksi," jelas Gusti Prabu.

Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI DIY, Arif Rianto Budi Nugroho mengatakan telah berkoordinasi dengan koordinator lapangan PMI Pusat yang bertugas di Cianjur untuk beberapa barang yang saat ini dibutuhkan oleh masyarakat. “Beberapa barang yang kami bawa pada tahap awal ini sudah kami koordinasikan sesuai dengan kebutuhan di lapangan," kata Arif Rianto.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Setelah di Jogja, Kini Jalan Rusak di Klaten Viral Disebut Taman Seribu Lubang

News
| Minggu, 05 Februari 2023, 13:37 WIB

Advertisement

alt

Sungai Ini Punya Air Super Jernih, Hingga Perahu yang Melintas Seperti Melayang di Udara

Wisata
| Sabtu, 04 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement