Advertisement

Pesan Jokowi untuk Kaesang, Sudah Punya Istri Kurangi Slengekan

Anisatul Umah
Sabtu, 10 Desember 2022 - 19:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Pesan Jokowi untuk Kaesang, Sudah Punya Istri Kurangi Slengekan Presiden Jokowi memberikan keterangan kepada media, Sabtu (10/12/2022). - Anisatul Umah/Harian Jogja.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) Kaesang Pangarep sudah resmi menjadi suami dari Erina Gudono. Akad nikah digelar di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Sabtu (10/12/2022) dengan lancar dan khidmat.

Jokowi mengaku lega dan berbahagia telah menikahkan anak bungsunya. Tak lupa dia menyampaikan pesan untuk Kaesang yang dikenal slengekan agar sedikit lebih serius. Karena saat ini Kaesang sudah resmi menjadi suami dari Erina Gudono.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Pesan khusus kepada Kaesang, Kaesang ini kan senengnya slengekan dan tidak serius. Ini sudah punya istri, saya sampaikan lebih serius sedikit. Sedikit saja, jangan terlalu serius nanti cepat tua," kata Jokowi.

Pesan lain yang Jokowi sampaikan yakni agar Kaesang dan Erina bisa saling pengertian, saling melengkapi, rukun, dan harmonis sepanjang masa sampai kakek nenek.

Baca juga: Kaesang dan Erina Akan Diarak Pakai Kereta Kencana, 12 Kereta Kuda Dipersiapkan

"Alhamdulillah pada hari ini tadi kami saksikan ijab qobul telah berjalan dengan baik. Saya dan Ibu Iriana sangat senang dan bahagia," kata Presiden Jokowi. 

Panitia acara unduh mantu yang akan digelar besok Minggu (11/12/2022) di Solo, menurut Jokowi sudah disiapkan. Panitia adalah dari pihak keluarga dan dibantu oleh dua menteri.

"Ya ini panitianya sebenarnya dari keluarga, kami ini punya gedung, punya catering, punya EO, ini sudah sehari-hari hanya untuk keprotokolan kenegaraan. Kami minta bantuan satu dua menteri pak Erick karena sudah punya pengalaman management beberapa event bisa sedikit-sedikit bantu," lanjutnya. 

Dua menteri Jokowi yakni Menteri Sekretaris Negara, Pratikno dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono bertindak sebagai saksi di pernikahan Kaesang-Erina. Menurut Jokowi, dua saksi ini dipilih langsung oleh Kaesang.

Kaesang membenarkan dia sendiri yang memilih dua menteri ini untuk menjadi saksi di pernikahannya. "Saya kira semua tahu pak menteri, Pak Bas dan pak Pratikno selalu bekerja keras setiap hari, jadi kami pengin beliau berdua jadi saksi kami," kata Kaesang.

Ribuan Undangan

Rangkaian acara pernikahan Kaesang-Erina masih akan berlangsung sampai besok Minggu (10/12/2022) di Solo. Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan untuk acara di Solo akan dibagi pagi dan malam hari. Acara pagi akan dihadiri sekitar 4.000-an undangan, dan di malam hari akan dihadiri oleh 2.000-an undangan. Di pagi hingga siang terbagi dalam tiga sesi dan di malam hari dua sesi.

"[keamanan] ya harus tetap waspada. Kan ini festival, dari arti kebudayaan masyarakat rakyat dan mestinya kita saling menjaga. Tetapi apapun harus tetap waspada."

Dia menyampaikan rasa syukur pernikahan Kaesang-Erina yang digelar hari ini bisa berjalan baik dan lancar. Menggunakan adat istiadat Jawa sehingga masyarakat bisa belajar lagi mengenai budaya Jogja.

"Masyarakat belajar lagi bagaimana perkawinan adat istiadat Jogja. Penuh dengan pesan-pesan yang sangat baik," kata Erick. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tiga Kelas BPJS Dihapus, Menkes Tegaskan Tak Ada Perubahan Tarif

News
| Kamis, 09 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Buyer Terkesan saat Membuat Ecoprint & Jalan-jalan ke Tamansari

Wisata
| Kamis, 09 Februari 2023, 06:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement