Advertisement

Nasib Tol Jogja YIA Tergantung Warga

Sunartono
Selasa, 13 Desember 2022 - 20:57 WIB
Budi Cahyana
Nasib Tol Jogja YIA Tergantung Warga Proyek Tol Jogja Solo. - JIBI/Bisnis.com/Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Izin penetapan lokasi (IPL) pembangunan Tol Jogja Yogyakarta International Airport atau YIA berada di tangan warga yang lahannya dilalui jalur atau trase tol.

Jika warga cepat memberikan kelengkapan berkas saat konsultasi publik, IPL akan lebih cepat keluar. Tim Persiapan Pembebasan Lahan tol Jogja-YIA nyaris merampungkan seluruh titik sosialisasi yang dimulai sejak 16 November 2022 lalu.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Sosialisasi di Kulonprogo secara keseluruhan telah tuntas. Adapun untuk Sleman hanya kurang satu titik di Kelurahan Sumberrahayu. Sosialisasi akan digelar pada Rabu (14/12/202) di Gor Sumberrahayu, Moyudan, Sleman. Sosialisasi terakhir di Sleman ini akan menyasar 359 bidang lahan terdampak pembangunan tol Jogja-YIA.

Adapun untuk wilayah Bantul, sosialisasi akan dimulai pada Senin (19/12/2022) mendatang di Kalurahan Argomulyo dengan menyasar 491 bidang lahan dan dilanjutkan pada Selasa (20/12) di Kalurahan Argosari dengan menyasar sebanyak 172 bidang lahan terdampak. Sosialisasi di wilayah Bantul ini hanya dilakukan di dua titik lokasi. Dengan demikian, tim persiapan nyaris menyelesaikan sosialisasi.

Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY, Krido Suprayitno, menyatakan pelaksanaan sosialisasi secara umum telah berjalan lancar dan sesuai perencanaan. Jadwal yang telah disusun tidak ada pergeseran dan mendapatkan antusiasme positif dari warga terdampak. Ia berharap pada Desember 2022 ini semua sosialisasi untuk trase Tol Jogja YIA bisa terselesaikan.

BACA JUGA: Ini Alasan Pembangunan Tol Jogja YIA Didahulukan daripada Tol Jogja Solo di Ring Road Utara

“Kulonprogo sosialisasi sudah selesai, Sleman sudah hampir selesai, kemudian segera dilanjutkan di Bantul. Selanjutnya setelah sosialisasi ini selesai kami akan menggelar konsultasi publik, kemungkinan awal Januari 2023,” katanya di Kompleks Kepatihan, Selasa (13/12/2022).

Dalam konsultasi tersebut, warga terdampak yang sebelumnya telah mendapatkan sosialisasi trase Tol Jogja YIA diundang kembali dalam konsultasi publik. Tahapan konsultasi publik ini menjadi sangat penting karena warga akan memberikan persetujuan dan menjadi dasar penerbitan IPL. Jika pemberkasan dalam konsultasi publik tersebut belum lengkap, Pemda DIY belum dapat memproses IPL.

“Selama pemberkasan belum lengkap kami belum bisa memproses IPL-nya. Justru itulah dukungan masyarakat dalam percepatan pemberkasan di konsultasi publik itu mohon kiranya partisipasinya. Bukti riil bahwa adanya surat pernyataan persetujuan [jadi syarat untuk penerbitan IPL],” ungkap Krido.

BACA JUGA: Rest Area Luar Exit Toll Jogja YIA Bakal Dibangun di Balecatur

Krido menegaskan Pemda DIY terus berupaya mempercepat agar IPL segera dapat diterbitkan, sehingga konsultasi publik segera dilakukan setelah sosialisasi semua terselesaikan.

“Awal 2023 sudah pasti bisa dilakukan konsultasi publik, karena kami juga sudah dikejar [tayang], ini termasuk program strategis nasional jadi kami akselerasi,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Harga BBM Nonsubsidi Pertamina Naik Per 1 Februari 2023

News
| Rabu, 01 Februari 2023, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Ini Nih... Wisata di Solo yang Instagramable, Ada yang di Dalam Pasar!

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement