Advertisement

Rest Area Luar Exit Toll Jogja YIA Bakal Dibangun di Balecatur

Lugas Subarkah
Senin, 12 Desember 2022 - 19:37 WIB
Arief Junianto
Rest Area Luar Exit Toll Jogja YIA Bakal Dibangun di Balecatur Sejumlah warga terdampak emngikuti sosialisasi tol Jogja-YIA, di Kalurahan Balecatur, Senin (12/12/2022) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Sosialisasi pembebasan lahan Tol Jogja YIA berlanjut di Kalurahan Balecatur, Kapanewon Gamping, Senin (12/12/2022). Di kalurahan ini, selain dilintasi jalur tol juga akan dibangun rest area di luar pintu keluar tol.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembebasan Lahan tol Jogja-Solo, Dian Ardiyansyah, menjelaskan di Kalurahan Balecatur kurang lebih ada 364 bidang yang akan terdampak dengan total luasan sekitar 309.000 meter persegi.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Jumlah ini masih tentatif karena memang ada kemungkinan besar selama dua atau tiga tahun ini ada perpindahan atau peralihan hak. Ada juga pemecahan sehingga jumlah bidang bisa jadi lebih banyak daripada yang ada sekarang,” kata dia, Senin.

Setelah sosialisasi ini, tahap selanjutnya adalah pendataan dan konsultasi publik, sebelum kemudian diterbitkan Izin Penetapan Lokasi (IPL). Ia menargetkan IPL untuk wilayah Balecatur dan sekitarnya bisa diterbitkan Maret 2023 mendatang.

BACA JUGA: Selamat! Sleman Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Di Balecatur, selain dibangun jalur tol, juga akan didirikan rest area di luar pintu keluar tol. Rest area ini merupakan program dari Pemda DIY untuk memberikan dampak ekonomi yang positif bagi masyarakat di sekitar pintu keluar tol terutama pelaku UMKM. “Rest area menuju pintu masuk tol. Di luar tol. Itu memang istimewanya,” katanya.

Tol Jogja-YIA yang merupakan seksi 3 dari Tol Jogja Solo ini merupakan prioritas kedua setelah seksi 1 Tol Jogja Solo, sebagai infrastruktur pendukung akses menuju YIA. Selain itu, diharapkan daerah yang dilintasi terutama di sekitar pintu keluar tol juga semakin maju ekonominya.

“Perjalanan menuju bandara sekarang sekitar 1,5 sampai 2 jam. Maka diperlukan satu infrastruktur pendukung untuk mempercepat perjalanan menuju bandara dan hal-hal yang sifatnya ekonomis, kemajuan daerah-daerah yang dilewati tol tersebut," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Update Covid 5 Februari 2023: Kasus Positif Naik 171, Sembuh 181 & Meninggal 1

News
| Minggu, 05 Februari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Simak! Ini 10 Gunung Termegah di Dunia

Wisata
| Minggu, 05 Februari 2023, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement