Advertisement

Animo Wisatawan Datangi DIY Tinggi, PHRI DIY: Jangan Sampai Ada Nuthuk Harga!

Abdul Hamied Razak
Kamis, 15 Desember 2022 - 08:07 WIB
Arief Junianto
Animo Wisatawan Datangi DIY Tinggi, PHRI DIY: Jangan Sampai Ada Nuthuk Harga! Beberapa orang sedang beraktivitas di kawasan Malioboro, Jogja, Minggu (27/3/2022). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Tingginya wisatawan yang mengisi libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) di DIY menjadi momentum untuk mempromosikan wisata DIY. 

Antusisme wisatawan untuk menghabiskan masa libur Nataru di DIY sangat tinggi. Hal itu terlihat dari reservasi hotel yang kini mencapai 87%.

Advertisement

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Deddy Pranowo Eryono berharap pemerintah menyiapkan destinasi yang ramah bagi wisatawan dan berbudaya. Termasuk menyiapkan akses jalan, rekayasa lalu lintas dan tarif yang wajar.

"Aja aji mumpung. Jangan sampai muncul kasus harga nuthuk [kepada wisatawan]. Mohon itu dihindari," kata dia, Rabu (14/12/2022).

BACA JUGA: Pemkab Sleman dan Pemkot Jogja Keroyokan Tekan Inflasi

Dijelaskan Deddy, saat momentum pergantian tahun, tidak semua pengelola hotel mengadakan pesta perayaan. Ada beberapa hotel bintang 4 dan 5 yang menggelar minikonser tetapi tidak mengundang artis ibu kota.

"Maksimal perayaan sampai jam 01.00 WIB. Untuk hotel bintang 3 ke bawah, saat perayaan tahun banyak diisi dengan menyediakan paket dinner. Semoga ini menjadi momentum untuk kebangkitan pariwisata di DIY dan kebangkitan PHRI," katanya.

Senada disampaikan Ketua PHRI Sleman Joko Paromo. Menurutnya, animo masyarakat untuk berwisata dan menghabiskan masa libur Nataru ke Sleman sangat tinggi. Hal itu terjadi selain masa libur sekolah, juga pelonggaran penerapan protokol kesehatan dibandingkan tahun lalu.

"Terbukti saat ini pesanan kamar baik untuk hotel bintang dan nonbintang di wilayah Sleman sudah mencapai 65 persen. Jadi animo untuk melakukan liburan Nataru sangat tinggi," ujar Joko.

Dia mengatakan, saat pergantian tahun baru sebagian hotel menggelar minikonser tetapi hal itu dilaksanakan oleh para tamu yang menginap. "Untuk musik kebanyakan internal tamu dan dinner biasa, tidak ada yang mengundang artis atau lainnya," tutur Joko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 5 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PBB Sebut Evakuasi Warga Rafah Butuh Waktu 10 Hari

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 21:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement