Advertisement

AKNSBY Gelar Festival Kesenian dan Kebudayaan, Ada Didik Nini Thowok

Media Digital
Jum'at, 16 Desember 2022 - 21:07 WIB
Budi Cahyana
AKNSBY Gelar Festival Kesenian dan Kebudayaan, Ada Didik Nini Thowok Kepala Disdikpora DIY, Didik Wardaya (depan) saat melihat karya seni lukis bertema wayang dalam acara Festival Kesenian dan Kebduayaan di AKNSBY, Jumat (16/12/2022). - Harian Jogja

Advertisement

BANTUL—Akademi Komunitas Negeri Seni dan Budaya Yogyakarta (AKNSBY) menggelar Festival Kesenian dan Kebudayaan selama tiga hari dari Jumat (16/12/2022) hingga Minggu (18/12/2022). Agenda tersebut menjadi ajang unjuk kemampuan sekaligus pembelajaran bagi mahasiswa.

Sejumlah rangkaian acara yang digelar dalam festival itu di antaranya pameran lukisan, perlombaan tari, seminar, dan pementasan wayang. Semuanya digelar di kampus AKNSBY di Jalan Parangtritis Nomor 364, Kalurahan Panggungharjo, Kapanewon Sewon, Bantul.

Advertisement

“Melalui kegiatan ini, kami ingin menyampaikan bahwa mahasiswa yang baru menjalani satu semeseter sudah siap dan memiliki kompetensi, mampu mempresentasikan kemampuan yang mereka dapatkan selama berkuliah di AKNSBY,” kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha AKNSBY, Rais Faisal Akhyar, saat pembukaan Festival Kesenian dan Kebudayaan di AKNSBY, Jumat (16/12/2022)

Rais mengatakan kegiatan tersebut merupakan agenda tutup semester sekaligus tutup tahun 2022. Kegiatan ini dibuka dengan pameran lukisan tentang wayang dengan melibatkan 16 seniman dan bertemakan kebudayaan antara dulu dan kini.

Melalui pameran ini, AKNSBY ingin memperlihatkan perkembangan wayang melalui pendekatan seni rupa. “Kami ingin memperlihatkan khasanah pewayangan tetapi tidak meninggalkan identitaas khas Jogja,” ujarnya.

Kemudian di hari kedua ada seminar dengan mengundang narasumber yang ahli dibidang seni dan budaya seperti maestro tari Didik Nini Thowok dan Wiyadi seniman wayang beber. Menurut Rais, seminar tersebut penting terlebih jenjang pendidikan AKNSBY adalah Diploma Satu (D1) dengan 44 SKS, sehingga menurutnya masih banyak ilmu yang belum bisa diberikan ke mahasiswa. 

“Maka kami mengundang maestro ini untuk memberikan seminar, informasi yang dibutuhkan mahasiswa, di luar perkuliahan. Kegitan semacam ini sering kita lakukan dengan mengundang seniman, dosen tamu, para tokoh dan lainnya,” ucapnya.

Pada hari yang sama ada perlombaan untuk peserta tingkat SMA/SMK di wilayah DIY dan sekitarnya. Jenis lombanya yakni karawitan, tari, dan pembuatan wayang kulit. Kemudian di hari terakhir digelar pertunjukan karawitan dan dan tari dan ditutup dengan pementasan wayang kulit dari tiga dalang. Tiga dalang yang akan pentas adalah mahasiswa dari kampus setempat.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) DIY Didik Wardaya mengatakan kegiatan yang dilakukan AKNSBY memang salah satu program utamanya adalah bagaimana mengembangkan vokasi mahasiswa dengan mengedapankan keterampilan.

“Bagaimana menggunakan waktu efektif satu tahun untuk menunjukan kemampuan mereka, sekaligus kita berikan wadah untuk berkreasi, unjuk kemampuan dengan kegiatan seperti ini,” katanya.

Menurut Didik, terbentuknnya AKNSBY merupakan gagasan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk memberikan pengakuan akademik  bagi para pelaku seni yang ada di komunitas. Ia menilai dari sisi keterampilan dan kemampuan sudah tidak diragukan, tetapi pengakuan dari sisi akademik belum, maka diperlukan AKN walaupun Diploma Satu. “Mudah-mudahan ke depan bisa mengarah D2,” katanya.

Namun demikian, Didik mengatakan tidak menutup kemungkinan ke depan AKNSBY bisa menerima mahasiswa lulusan SMA dan SMK yang berminat untuk mendalami dan melestarikan budaya Jogja, seperti karawitan, tari, maupun kriya, termasuk kriya logam bisa dikembangkan di kampus tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Firli Bahuri Disebut Minta Uang Rp50 Miliar ke SYL

News
| Kamis, 18 April 2024, 07:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement