Advertisement

Ini Jalur Alternatif di Sleman untuk Hindari Kemacetan Saat Libur Nataru

Lugas Subarkah
Sabtu, 17 Desember 2022 - 14:17 WIB
Budi Cahyana
Ini Jalur Alternatif di Sleman untuk Hindari Kemacetan Saat Libur Nataru Arus lalu lintas di sekitar Prambanan, Sleman - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Menjelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), Dinas Perhubungan Sleman menyiapkan sejumlah jalur alternatif di sekitar jalur wisata. Rekayasa lalu lintas juga akan dilakukan.

Kepala Dinas Perhubungan Sleman, Arip Pramana, menjelaskan beberapa jalur alternatif yang akan digunakan yakni Tempel-Pakem-Prambanan untuk akses di perbatasan DIY. “Kemudian Klangon-Tempel, Gito-gati, Besi-Jangkang, jalan Jombor-Balangan, jalan Prambanan-Piyungan,” ujarnya, Jumat (16/12/2022).

Advertisement

Dinas Perhubungan Sleman juga telah berkoordinasi dengan kepolisian dan Bina Marga guna memastikan jalur-jalur yang dilewati pengendara dalam kondisi baik. “Serta penerangan jalan baik jalur utama atau jalan nasional dan jalur alternatif dalam kondisi baik,” ungkapnya.

Rekayasa lalu lintas akan dilakukan secara situasional di jalur yang biasa mengalami kepadatan yakni jalan Kaliurang, yang menjadi jalur utama menuju kawasan wisata Kaliurang. Pada libur Nataru, jalur ini biasa dipenuhi kendaraan wisatawan.

BACA JUGA: Libur Telah Tiba, Ini Jalur Rawan Macet dan Kecelakaan di Gunungkidul

“Kami akan bergabung di posko pengamanan Nataru di Prambanan dan Tempel. Serta melakukan pemantauan Area Traffic Control System [ATCS] sebagai ruang kendali traffic light yang menjadi kewenangan Kabupaten Sleman,” ungkapnya.

Kanit Gakkum Satlantas Polresta Sleman, Iptu Catur Bowo Laksono, menuturkan untuk jalur yang rawan kecelakaan, secara umum hampir merata karena kecelakaan yang terjadi didominasi oleh faktor perilaku pengendara.

Meski demikian, dari kejadian selama ini, kecelakaan banyak terkonsentrasi di jalan Wates dari simpang empat Depok ke barat sampai perbatasan daerah Sedayu. “Di Kalasan dari sekitar Sabar Menanti sampai Proliman. Jalan Godean juga termasuk,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Gorontalo

News
| Kamis, 25 April 2024, 04:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement