Advertisement

Puluhan Rumah di Sedayu Bantul Terdampak Tol Jogja YIA

Ujang Hasanudin
Senin, 19 Desember 2022 - 20:47 WIB
Budi Cahyana
Puluhan Rumah di Sedayu Bantul Terdampak Tol Jogja YIA Sosialisasi Rencana Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo di Aula Balai Kalurahan Argomulyo, Sedayu, Bantul, Senin (19/12/2022). - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Puluhan rumah di tiga dusun atau perdukuhan di Kalurahan Argomulyo, Kapanewon Sedayu, Bantul, bakal terkena jalur Tol Jogja Yogyakarta International Airport atau YIA.

Ketiga dusun di Kalurahan Argomulyo yang dilewati Tol Jogja YIA adalah Panggang, Srontakan, dan Samben. Kepala Dusun Panggang, Wahyu Joko Triyono, mengatakan tol akan melalui 179 bidang lahan. “Rumah yang terkena itu sekitar 60, sisanya sawah,” katanya, seusai mengikuti Sosialisasi Rencana Pengadaan Tanah untuk Pembangunan Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo di Aula Balai Kalurahan Argomulyo, Sedayu, Bantul, Senin (19/12/2022).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Tempat ibadah seperti masjid dan musala serta saluran irigasi juga dilewati tol. Kepala Dusun Srontakan, Sunaryo, mengatakan da 32 rumah yang akan terkena proyek Tol Jogja YIA. 

Lurah Argomulyo Bambang Sarwono mengatakan sosialisasi awal rencana pengadaan tanah untuk Tol Jogja YIA di Argomulyo berjalan lancar. Namun sosialisasi tersebut baru sebatas informasi awal dan yang dilanjutkan dengan konsultasi publik. Ia juga meminta kepada pelaksana jalan tol untuk tetap mengganti lahan atau sisa lahan yang terjepit dan tidak bisa dimanfaatkan warga.

Dian Hardiyansyah, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Satker Pelaksanaan Jalan Bebas Hambatan (PJBH) Solo-Yogyakarta-Kulonprogo, Kementerian PUPR, mengatakan Tol Jogja YIA memiliki panjang kurang lebih 38,75 kilometer dan melewati tiga kabupaten di DIY, yakni yakni Sleman, Bantul dan Kulonprogo.  Tol Jogja YIA dimulai dari Tirtoadi Sleman dan berakhir di YIA. Trase tol ini membutuhkan lahan sekitar 5 juta meter persegi yang berada di 6.173 bidang

“Di Bantul, Tol Jogja Solo membutuhkan 272.044 meter persegi di Kalurahan Argomulyo dan 114.537 meter persegi di Kalurahan Argosari,” katanya.

Tol Jogja YIA dirancang memiliki empat exit toll di Gamping, Sentolo, Wates, dan Bandara YIA. Sementara, dua rest area akan dibangun di Gamping serta di stau lokasi antara Sentolo dan Wates.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Fakta Kasus Susi Air: Pesawat Dibakar, Pilot dan Penumpang Disandera

News
| Rabu, 08 Februari 2023, 10:07 WIB

Advertisement

alt

Meski Ada Gempa, Minat Masyarakat ke Turki Tak Surut

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement