Advertisement

Ini Dia 2 Dinas di Bantul yang Punya Kepala Baru

Ujang Hasanudin
Selasa, 20 Desember 2022 - 19:27 WIB
Arief Junianto
Ini Dia 2 Dinas di Bantul yang Punya Kepala Baru Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih melantik dan mengambil sumpah jabatan kepada empat pejabat pimpinan tinggi pratama eselon IIB di Pendopo Parasamya, kompleks Pemkab Bantul, Selasa (20/12/2022). - Istimewa

Advertisement

BANTUL — Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih melantik sejumlah pejabat pimpinan tinggi pratama atau pejabat eselon IIB di Pendopo Parasamya, kompleks Pemkab Bantul, Selasa (20/12). Dari pejabat yang dilantik, dua di antaranya kepala dinas.

Keempat pejabat pimpinan tinggi pratama yang dilantik tersebut adalah Kepala Dinas Perhubungan, Singgih Riyadi; Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Istriyani; Staf Ahli Bupati, Yulius Suharta; dan Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati, Atthobari.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Dalam sambutannya, Halim mengatakan bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan adalah bagian penting dalam proses pembangunan, sekaligus penyerahan tongkat estafet kepemimpinan birokrasi.

Menurutnya rotasi dan promosi jabatan dalam birokrasi adalah suatu proses yang perlu dilakukan dengan tujuan untuk refreshing dan rejuvenile.

Refreshing dilakukan dalam rangka proses penyegaran semangat dengan motivasi kerja yang lebih baik tidak hanya tampilan secara fisik. Sedangkan rejuvenile, untuk meremajakan atau memudakan pejabat sebagai bagian dari keniscayaan regenerasi yang tidak terbatas dalam arti umur-biologis, tetapi pada semangat-mudanya yaitu spirit recharge the battery,” katanya.

BACA JUGA: Dana Perawatan Stadion Sultan Agung Diduga Diselewengkan, Kejari Bantul Turun Tangan

Lebih lanjut, Halim mengatakan memasuki era digital, perspektif  kepemimpinan harus berubah, menyelaraskan dengan perubahan-perubahan yang terjadi dalam masyarakat.

Oleh karena itu, sistem birokrasi perlu menyegerakan digitalisasi kerja dan layanan dengan memperkuat Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

“Di era perubahan yang cepat terjadi maka tuntutan inovasi dan kelincahan menjadi dua hal utama yang harus dilakukan,” ujarnya.

Dia mengatakan di masa yang akan datang, masyarakat lebih banyak dan lebih mudah menggunakan produk teknologi dalam melakukan berbagai aktivitas di berbagai bidang kehidupannya.

Oleh karena itu, sebagai seorang pemimpin harus menguasai teknologi,  mengikuti tuntutan dan perubahan zaman, dan harus peka, mau mendengarkan, mengamati fenomena yang sedang terjadi dalam melaksanakan tugasnya.

Selain itu, sebagai seorang pejabat pimpinan tinggi pratama untuk senantiasa mencermati dinamika dan pengembangan ASN. 

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bantul, Isa Budi Hartomo, mengatakan keempat pejabat pimpinan tinggi pratama sudah sesuai dengan kompetensi masing-masing.

“Mereka diminta untuk segera menyesuaikan dengan tugas barunya di masing-masing organisasi perangkat daerah.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Muspusdirla Fasilitasi Program Cinta Tanah Air

News
| Rabu, 01 Februari 2023, 18:37 WIB

Advertisement

alt

Seru! Ini Detail Paket Wisata Pre-Tour & Post Tour yang Ditawarkan untuk Delegasi ATF 2023

Wisata
| Rabu, 01 Februari 2023, 14:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement