Advertisement

Raih Penghargaan Proklim Tingkat Kota, Warga Patangpuluhan Jogja Tanam Sayur di Pinggir Sungai Winongo

Media Digital
Rabu, 21 Desember 2022 - 22:27 WIB
Budi Cahyana
Raih Penghargaan Proklim Tingkat Kota, Warga Patangpuluhan Jogja Tanam Sayur di Pinggir Sungai Winongo Warga RW O7, Kelurahan Patangpuluhan, Kemantren Wirobrajan menanam tanaman di lahan pinggir Sungai Winongo. - Istimewa/Dok. Warga RW 07, Kelurahan Patangpuluhan, Kemantren Wirobrajan

Advertisement

JOGJA—Warga RW 07, Kelurahan Patangpuluhan, Kemantren Wirobrajan yang tergabung dalam Kelompok Tani Winongo Asri memanfaatkan lahan pinggir Sungai Winongo untuk menanam sayur, buah dan umbi. Upaya itu mendukung mereka mendapatkan penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) Tingkat Kota Jogja tahun 2022.

Elly Popika Sari, Ketua RW 07, mengatakan meski punya lahan terbatas, warga tetap berupaya membudidayakan tanaman. “Kami mendorong warga untuk menanam di lorong gang kecil, penghubung antar RT, dan lahan di rumah masing-masing. Kami juga memanfaatkan lahan di pinggir sungai untuk kelompok tani,” katanya.

Advertisement

Melalui Kelompok Tani Winongo Asri, warga mengelola lahan di pinggir Sungai Winongo. Sebagian tanaman dibudidayakan di bedengan dan sebagian lainnya tumbuh melalui sistem hidroponik. 

Jenis tanaman yang ditanam mulai dari sayur, buah, serta umbi, antara lain kacang panjang, pepaya, sirsak, serta selada. 

Sebagian hasil panen dikonsumsi warga, sedangkan sebagian lainnya dijual. Kelompok tani tersebut sudah rutin menerima kedatangan pembeli. Selain itu, hasil panen juga dijual ke sejumlah pasar di Kota Jogja. Dari penjualan tersebut warga dapat memperoleh omzet sekitar Rp1 juta-Rp2 juta perbulannya. 

Warga memanfaatkan pupuk organik yang diolah dari lodong sisa dapur (losida). “Sampah organik diolah kelompok tani menjadi pupuk,” ujar Elly. 

Kelompok tani tersebut juga menjual bibit sayuran. Elly berharap, selain untuk memenuhi nutrisi warga, pemanfaatan lahan tersebut dapat memberikan manfaat ekonomi bagi warga serta berupaya untuk menghijaukan lingkungan.

Selain itu, warga juga membuat lubang resapan biopori, serta tetap mempertahankan tanaman keras. Upaya tersebut turut mendukung mereka mendapatkan penghargaan Juara I Lomba Proklim Tingkat Kota Jogja tahun 2022. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Minta Prabowo-Gibran Persiapakan Diri Usai Ditetapkan KPU

News
| Rabu, 24 April 2024, 12:37 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement