Advertisement

Kawasan Pansela Bantul Kalah Populer dari Gunungkidul, Ini Penyebabnya

Andreas Yuda Pramono
Minggu, 25 Desember 2022 - 22:27 WIB
Arief Junianto
Kawasan Pansela Bantul Kalah Populer dari Gunungkidul, Ini Penyebabnya Pantai Parangtritis. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kawasan pantai selatan Bantul yang masih sepi dari pengunjung wisata seharusnya menjadi bahan evaluasi dari pemerintah setempat.

Sementara itu, dosen STP AMPTA Jogja, Fian Damasdino, membenarkan situasi kawasan pantai selatan yang sepi.

Advertisement

“Keramaian wisatawan terkonsentrasi di Ring I, sekitaran Kota Jogja karena di sana menyajikan atraksi wisata beragam,” kata Fian, Minggu (25/12/2022).

Dia menjelaskan bahwa belum adanya paket wisata yang kuat di kawasan objek wisata pantai selatan Bantul menjadi salah satu faktor yang gagal menahan wisatawan untuk tinggal lebih lama di Kawasan Pansela karena itulah wisatawan lebih memilih untuk pergi ke Gunungkidul.

Fian menegaskan bahwa Kawasan Pantai Selatan perlu paket wisata dan inovasi atraksi agar tidak monoton. “Tidak sekedar menyajikan kuliner ikan bakar tetapi konsep rumah makan juga harus distandarkan, lalu homestay digarap kemudian wisata-wisata alternatif disiapkan. Juga pantai-pantai ditata dan tidak sekadar wahana selfie semata,” ucap dia.

Diketahui, memang tidak ada lonjakan wisatawan di Bantul selama dua hari (24-25/12/2022) kendati telah memasuki libur Natal dan Tahun Baru.

Menurut pantauan Harianjogja.com di beberapa ruas jalan, terutama yang menuju kawasan pantai, memang terdapat antrean kendaraan tetapi tidak menimbulkan situasi macet. Situasi tersebut tidak jauh beda dengan akhir pekan biasanya.

Kepala Pos PAM Parangtritis, Paidi mengatakan tidak ada antrian kendaraan di TPR Parangtritis yang menyebabkan kemacetan. “Situasinya jalan landai tidak ada antrean kendaraan. Sama seperti akhir pekan biasanya,” kata Paidi Minggu (25/12/2022).

Tidak hanya di kawasan TPR Parangtritis, arus lalu lintas di sekitar 100 meter ke barat dan selatan di Simpang Empat Bakulan juga landai tanpa ada kemacetan termasuk di Simpang Jembatan Kretek.

Pengelola Pantai Baru, Suwandi, mengatakan wisatawan di Pantai Baru justru menurun dibanding akhir pekan lalu. “Jumlah wisatawan itu turun, tidak seramai akhir pekan lalu. Soalnya kan tadi juga hujan jadi wisatawan yang datang yang sudah booking tempat buat acara,” kata Suwandi, Minggu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemkot Jogja Bakal Tambah Kapasitas TPS 3R

Pemkot Jogja Bakal Tambah Kapasitas TPS 3R

Jogjapolitan | 22 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Diserang Israel, Iran Sebut Fasilitas Nuklir Aman dan Siap Membalas dengan Rudal

News
| Jum'at, 19 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement