Advertisement

Keselamatan Pengunjung Jadi Syarat Utama saat Operasional Jip Wisata

David Kurniawan
Minggu, 25 Desember 2022 - 10:47 WIB
Jumali
Keselamatan Pengunjung Jadi Syarat Utama saat Operasional Jip Wisata Proses pemeriksaan jip wisata yang dilakukan tim gabungan di area wisata di kawasan pantai di Kapanewon Tepus - Ist

Advertisement

Harianjogja.com,GUNUNGKIDUL— Jelajah jip wisata menjadi salah satu daya tarik di destinasi di Gunungkidul. Diharapkan didalam pengelolaannya benar-benar memperhatikan sisi keamanan.

BACA JUGA: Jip Wisata dari Parangtritis Masuk Jurang di Gunungkidul

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kepala Unit Penegakkan Hukum (Gakkum) Satlantas Polres Gunungkidul, Iptu Darmadi mengatakan, jip pariwisata mulai banyak diminati wisatawan untuk jelajah alam di destinasi wisata.

Diperkirakan saat libur akhir tahun ada lonjakan kunjungan, sehingga perlu dilakukan antisipasi agar jelajah dapat terhindar dari potensi kecelakaan.

Menurutnya, ada beberapa langkah yang dilakukan. Salah satunya, adalah pada Jumat (23/12/2022) dilakukan pengecekan unit kendaraan jip di kawasan pantai yang bekerjasama dengan Polsek Tepus dan Dinas Perhubungan.

“Pengecekan armada jip hanya salah satu antisipasi untuk mengurangi risiko kecelakaan,” kata Darmadi kepada wartawan, Minggu (25/12/2022).

Ia menjelaskan, upaya keselamatan tidak hanya mengacu pada kondisi kendaraan. Sebab, pengelola atau sopir jip ikut memberikan andil seperti tidak kebut-kebutan di jalan, terus mematuhi peraturan lalu lintas hingga memakai alat pelindung diri.

Darmadi mengungkapkan, alat perlindungan ini berupa sabuk pengaman. Para pengunjung pun saat mengendarai juga diminta memakai helm untuk keselamatan.

“Aspek keselamatan menjadi syarat mutlak yang harus dipatuhi para pengelola,” katanya.

Ia menambahkan, beberapa waktu lalu di kawasan wisata di Kapanewon Purwosari ada kecelakaan melibatkan jip pariwisata yang menyebabkan seorang pengunjung meninggal dunia. Peristiwa ini harus menjadi pelajaran agar kejadian itu tidak terulang.

“Makanya kami terus mengimbau kepada pengelola untuk benar-benar memperhatikan aspek keamanan,” kata Darmadi.

Kapolsek Tepus, AKP Jarwanto mengatakan, di wilayahnya ada sekitar 30 unit jip yang beroperasi memberikan layanan wisata untuk jelajah pantai. Pihaknya berkomitmen untuk memastikan perjalanan jelajah dapat berjalan dengan lancar.

“Pengecekan akan dilakukan secara berkala, karena memang belum semua armada dicek semua,” katanya.

Dia berharap dengan adanya pengecekan secara berkala bisa mengurangi risiko kecelakaan yang melibatkan armada jip wisata. Adapun pengecekan berkaitan dengan keamanan mulai dari pengereman, sistem roda hingga kelengkapan keamanan lainnya seperti helm untuk para pengunjung.

“Jadi tidak hanya laik jalan saja, tapi juga laik pengemudinya. Mudah-mudahan dengan pemeriksaan ini pelaksanaan libur natal dan tahun baru bisa berjalan dengan lancar,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Harga BBM Nonsubsidi Pertamina Naik Per 1 Februari 2023

News
| Rabu, 01 Februari 2023, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Ini Nih... Wisata di Solo yang Instagramable, Ada yang di Dalam Pasar!

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement