Advertisement

Jumlah Kunjungan Wisatawan ke Bantul Cuma Naik Tipis

Ujang Hasanudin
Senin, 26 Desember 2022 - 22:17 WIB
Bhekti Suryani
Jumlah Kunjungan Wisatawan ke Bantul Cuma Naik Tipis Foto ilustrasi: Wisatawan bermain dan berenang di Pantai Parangtritis, Bantul. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pariwisata Bantul menyebut ada peningkatan kunjungan wisatawan ke Bantul pada libur Natal kali ini dibanding hari biasa. Namun kenaikan jumlah wisatawan dinilai tidak terlalu signifikan. Kondisi cuaca dianggap sebagai salah satu penyebabnya.

Kasi Promosi dan Informasi Wisata, Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi mencatat data kunjungan wisatawan pada akhir pekan lalu atau selama libur Natal 23-25 Desember sebanyak 38.258 orang. Dari jumlah tersebut sebagian besar mengunjungi Pantai Parangtritis sebanyak 33.398 orang.

Advertisement

Sementara jumlah wisatawan pada akhir pekan sebelumnya atau 16-18 Desember sebanyak 33.107 orang. “Libur Natal pekan lalu kunjungan wisatawan naik 15,5 persen di banding akhir pekan sebelumnya,” katanya, Senin (26/12/2022).

Sementara kunjungan wisatawan selama sepekan mulai dari 19 sampai 25 Desember sebanyak 67.255 orang. Jumlah ini hanya naik 4% jika dibanding kunjungan selama sepekan sebelumnya sebanyak 47.655 orang.

Menurut pria yang akrab disapa Ipung, kenaikan jumlah kunjungan tersebut masih sama dengan jumlah kunjungan akhir pekan sebelum pandemi Covid-19. “Mungkin karena kondisi cuaca,” katanya. Namun ia optimistis kunjungan akan naik signifikan menjelang pergantian Tahun Baru 2023 sebab bersamaan dengan liburan sekolah.  

Ia mengatakan mengatakan kemungkinan kunjungan wisatawan tidak hanya di akhir pekan namun juga dibagi rata pada hari-hari lainnya karena bersamaan dengan liburan sekolah. Jadi wisatawan berlibur tidak hanya di tanggah merah, namun di hari-hari biasa menjelang Tahun Baru 2023.

Lebih lanjut Ipung mengatakan sejauh ini tidak ada antrean kendaraan wisatawan di semua objek wisata di Bantul, terutama objek wisata yang dikelola oleh Pemkab Bantul. “Antrean kendaraan di TPR Induk Parangtritis biasa seperti weekend. Tidak terjadi antrean sampai jembatan Kretek I,” katanya. Selain itu juga karena jembatan Kretek 2 juga dibuka sehingga lalu lintas lancar.

Tidak hanya di objek wisata yang dikelola Pemkab Bantul, namun objek wisata yang dikelola oleh masyarakat juga kenaikannya tidak signifikan. Ketua Koperasi Notowono atau komunitas yang membawahi sejumlah objek wisata di Dlingo, Purwo Harsono mengatakan kunjungan wisatawan pada momen Natal hampir sama dengan weekend sebelum-sebelumnya.

BACA JUGA: Rumah Jaksa KPK di Jogja Disatroni Maling, yang Hilang Cuma Laptop

“Mungkin karena hujan, apalagi hari Minggu kan itu hujan dari pagi sampai sore. Yang lumayan itu kunjungan di hari Sabtu,” katanya. Menurutnya ada kenaikan namun kenaikkannya masih dibawah 50% di banding akhir pekan sebelumnya.

Ia mencatat jumlah wisatawan yang ke Dlingo selama dua hari pada Sabtu (24/12/2022) dan Minggu (25/12/2022) sebanyak 37.840 orang. Naik 10.942 atau 41% jika dibanding akhir pekan sebelumnya sebanyak 26.898 orang. jumlah wisatawan tersebut tersebar di sejumlah objek wisata seperti Gunung Pengger, Puncak Becici, Puncak Seribu, Pinus Asri, Pinussari, Seribu Batu, dan Bukit Panguk. (Ujang Hasanudin)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang Polisi Berkendara dalam Kondisi Mabuk hingga Tabrak Pagar, Kompolnas: Memalukan!

News
| Sabtu, 20 April 2024, 00:37 WIB

Advertisement

alt

Pengunjung Kopi Klotok Membeludak Saat Libur Lebaran, Antrean Mengular sampai 20 Meter

Wisata
| Minggu, 14 April 2024, 18:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement