Advertisement

Jumlah Wisatawan ke Jogja Pada 2022 Diprediksi Capai 7 Juta Orang

Newswire
Selasa, 15 November 2022 - 11:37 WIB
Jumali
Jumlah Wisatawan ke Jogja Pada 2022 Diprediksi Capai 7 Juta Orang Wisatawan beraktivitas di Teras Malioboro 2, Rabu (4/5/2022). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA -- Dinas Pariwisata Kota Jogja memproyeksikan kunjungan wisata di kota tersebut bisa mencapai sekitar tujuh juta orang hingga akhir 2022 atau jauh lebih tinggi dari target dua juta wisatawan.

BACA JUGA : Objek Wisata Tetap Buka Pada Akhir Tahun

Advertisement

"Akhir tahun menjadi salah satu peak season kunjungan wisata di Jogja yang bisa meningkatkan jumlah kunjungan wisata, sehingga total kunjungan sepanjang tahun mencapai tujuh juta orang," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Jogja Wahyu Hendratmoko di Jogja, Selasa (15/11/2022).

Menurut dia, Dinas Pariwisata Kota Jogja tidak menargetkan kunjungan wisatawan berdasarkan segmen waktu atau event tertentu tetapi memasang target tahunan.

Hingga akhir Oktober 2022, total kunjungan wisatawan di Kota Jogja sudah mencapai 5,9 juta orang, sehingga target tujuh juta wisatawan hingga akhir tahun diproyeksikan bisa tercapai.

Meskipun saat ini kasus COVID-19 mengalami kenaikan, Wahyu menyebut kondisi itu belum berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan ke Jogja karena masih ada penerapan aturan PPKM Level 1 berdasarkan Instruksi Menteri Dalam Negeri terbaru.

"Kota Jogja dan seluruh kabupaten di DIY menerapkan PPKM Level 1 yang artinya seluruh kegiatan masih diizinkan digelar dengan kapasitas 100 persen termasuk untuk pariwisata," katanya.

Wahyu pun tetap meminta seluruh pemangku kepentingan di industri pariwisata untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat sebagai antisipasi penularan Covid-19.

Sedangkan khusus untuk menyambut libur panjang akhir tahun, Dinas Pariwisata Kota Jogja akan membuka Tourist Information Service (TIS) berkolaborasi dengan sejumlah organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Jogja.

TIS tersebut direncanakan dibuka di beberapa titik keramaian yang menjadi pusat kunjungan wisata seperti di kawasan Malioboro atau di Jalan Margo Utomo.

"Dalam kegiatan tersebut, kami juga akan mengikutsertakan Mas dan Mbak Kampung Wisata yang baru saja terpilih untuk bisa mempromosikan kampung wisata mereka ke pengunjung," katanya.

Dengan demikian, harap Wahyu, wisatawan tidak hanya berkunjung ke destinasi pariwisata yang sudah banyak dikenal tetapi juga berkunjung ke kampung wisata yang saat ini berjumlah 18 kampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Pastikan Tidak Impor Bawang Merah Meski Harga Naik

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement