Advertisement

Musim Liburan, Konsumsi BBM di Sleman Membengkak

Anisatul Umah
Senin, 26 Desember 2022 - 23:17 WIB
Bhekti Suryani
Musim Liburan, Konsumsi BBM di Sleman Membengkak Ilustrasi pasokan BBM - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN– Konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) di Sleman mengalami peningkatan hingga sekitar 20-30 persen di momen Natal. Hal tersebut disampaikan oleh Asisten Sekda Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Sleman, Budiharjo.

Meningkatnya konsumsi menyebabkan stok BBM beroktan (RON) 90 atau Pertalite sempat kosong di beberapa Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Karena konsumsi meningkat drastis sehingga diperlukan penyesuaian pengiriman BBM.

Advertisement

"Pertalite sempat kosong bukan karena stok tidak ada atau dibatasi tapi karena peningkatan permintaan. Pertamina komitmen untuk senantiasa memberikan pelayanan terbaik," ucapnya dihubungi Senin, (26/12/2022).

Dia menegaskan stok BBM aman, di mana rata-rata stok bahan bakar di Terminal BBM Rewulu di atas dua hari per produk. Terminal BBM Rewulu yakni salah satu lokasi kerja PT. Pertamina (Persero) di wilayah Marketing Operation Region (MOR) IV, Jawa Tengah & DIY.

Suplai ke depot dilakukan menggunakan pipa sehingga kondisi stok bahan bakar terminal terjamin. Jam operasional juga ditambah untuk meningkatkan pelayanan pengiriman BBM ke SPBU.

"Untuk stok di SPBU juga sudah ditambah untuk antisipasi lonjakan permintaan."

BACA JUGA: Pohon Tumbang Timpa Mobil Wisatawan di Jalan Parangtritis, Dua Oang Terluka

Selain BBM, konsumsi Liquefied Petroleum Gas (LPG) juga mengalami peningkatan rata-rata 3-4 persen. Stok sampai hari ini masih aman, penambahan akan dilakukan sesuai dengan permintaan.

"Penambahan fluktuatif sebesar 3-4 persen dan akan dievaluasi sesuai permintaan," lanjutnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, PT Pertamina (Persero) bersama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) terus berkoordinasi melakukan pengawasan khususnya pada barang subsisi. Sehingga tepat sasaran dan kebutuhan masyarakat tercukupi.

"Pertamina dan Pemda berkomitmen untuk tidak melakukan pembatasan sesuai kebutuhan yang ada. Namun tetap akan mengawasi apabila ada penyaluran BBM atau LPG yang tidak tepat sasaran," ungkapnya.

Executive General Manager (EGM) PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Dwi Puja Ariestya mengatakan Satuan Tugas (Satgas) khusus dibentuk untuk momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Bersiaga memenuhi kebutuhan energi seperti BBM, LPG, dan Avtur di Provinsi Jawa Tengah dan DIY.

"Menyambut masa Natal dan Tahun Baru, kami pastikan stok dalam kondisi sangat aman. Proses distribusi juga terus kami pantau melalui Pertamina Integrated Command Centre (PICC) dan dashboard digitalisasi SPBU," ucapnya. (Anisatul Umah).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Mendaku Gantikan Twitter, Elaelo Kini Justru Kena Suspend

News
| Senin, 17 Juni 2024, 21:07 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement