Advertisement

Warga Jogja Bebas Merayakan Tahun Baru, Ini Imbauan Sultan HB X

Sunartono
Selasa, 27 Desember 2022 - 20:27 WIB
Bhekti Suryani
Warga Jogja Bebas Merayakan Tahun Baru, Ini Imbauan Sultan HB X Sri Sultan HB X - Antara/Andreas Fitri Atmoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY yang juga Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat Sri Sultan Hamengku Buwono X tak bisa melarang masyarakat yang akan merayakan malam pergantian tahun. Mengingat situasi kasus Covid-19 saat ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Akan tetapi Sultan meminta agar masyarakar tetap waspada dan mengupayakan menaati protokol Kesehatan. Karena kondisi yang nyaris normal seperti saat ini sangat berbeda dengan normal seperti sebelum pandemi Covid-19. Oleh karena itu Sultan HB X mengimbau agar masyarakat yang berkumpul merayakan malam pergantian tahun sebaiknya tetap memakai masker.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA : Pecah Kepadatan Wisatawan, Event Malam Pergantian

“Konsekuensi berkumpul untuk melepas masker itu tidak bisa seperti [saat normal sebelum pandemi] dulu, bagaimana pun harus memakai masker, atau khususnya bagi anak muda,” katanya di Kompleks Kepatihan, Selasa (27/12/2022).

HB X berharap kasus Covid-19 ke depan terus melandai. Kondisi ini sangat tergantung dengan masyarakat untuk tetap menjaga dengan meningkatkan kesadaran dalam menaati protokol kesehatan. Meski kasus saat ini menurun namun masyarakat diminta tetap waspada.

“Sehingga bagaimana kita hati-hati saja. Kita hati-hati dalam arti kalau tetap berkumpul masker di pakai, kalau di mobil mau dicopot, silahkan itu mobilnya sendiri, paling hanya nulari keluarga sendiri yang ada di dalam mobil misalnya, bukan orang lain. Semoga sepekan ini turun terus semoga kondisinya lebih baik,” ujarnya.

Terkait perayaan malam pergantian tahun, HB X meminta kepada semua pihak agar mengupayakan gelaran di banyak lokasi di DIY. Tujuannya untuk memecah adanya kerumunan berlebihan. “Itu [yang menggelar event] biasanya di hotel saja mungkin dari dinas kota mungkin ada. Saya minta disebar [event pergantian tahun] jangan hanya di satu tempat tetapi dipecah sehingga penonton itu terpecah, jangan menumpuk di satu tempat,” katanya.

BACA JUGA : Malam Pergantian Tahun, Hotel-Hotel di Bantul Siapkan .

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan tidak ada anjuran maupun larangan kepada masyarakat maupun pihak terkait untuk menyalakan kembang api saat malam pergantian tahun. Hal itu sangat menyesuaikan dengan kondisi di lapangan.

“Kami berharap masyarakat yang merayakan malam pergantian tahun bisa tetap menaati prokes ketika berkerumun. Secara khusus memang tidak ada larangan atau anjuran terkait kembang api,”
 ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Begini Cara Pangeran Arab Saudi Nikmati Kekayaan

News
| Senin, 06 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement