Advertisement

Pecah Kepadatan Wisatawan, Event Malam Pergantian Tahun Diselenggarakan di Tiap Kabupaten DIY

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 22 Desember 2022 - 20:07 WIB
Budi Cahyana
Pecah Kepadatan Wisatawan, Event Malam Pergantian Tahun Diselenggarakan di Tiap Kabupaten DIY Tugu Jogja dipadati warga untuk merayakan pergantian tahun beberapa waktu lalu - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pariwisata (Dispar) DIY memperkirakan selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), pergerakan wisatawan di DIY berjumlah 4 hingga 5 juta orang, sedangkan wisatawan yang menginap di hotel berbintang dan non bintang berjumlah 1 juta orang.

Guna menghindari kepadatan wisatawan di titik tertentu, tidak ada event malam pergantian tahun yang terpusat pada destinasi wisata di Kota Jogja. Perayaan akan tersebar di empat kabupaten di DIY. Penyelenggaraan event tersebut diharapkan juga mampu memperpanjang length of stay (LoS) di DIY. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kepala Bidang Destinasi Wisata Dispar DIY Kurniawan menyampaikan libur nataru dapat digunakan untuk memperpanjang length of stay di DIY, salah satu caranya dengan menyelenggarakan event di destinasi wisata. Penyelenggaraannya pun tersebar di empat kabupaten di DIY. 

“Sekarang yang banyak event-nya terutama malam pergantian tahun di kabupaten, di kota justru tidak ada, kecuali di akomodasi hotel [event yang diadakan hotel secara mandiri],” katanya, Kamis, (22/12/2022). 

Saat ini, menurut Kurniawan sebanyak 50% hotel di Kota Jogja mengagendakan perayaan malam tahun baru secara mandiri. Namun, tidak ada perayaan malam pergantian tahun yang diselenggarakan pada destinasi wisata di kota Jogja. 

Ia menyampaikan, strategi tersebut dilakukan untuk memecah potensi kepadatan wisatawan di titik tertentu. “Harapannya sesuai arahan Gubernur DIY, bisa memecah jadi tidak terpusat di kota, di Malioboro misalnya. Tapi orang bisa merayakan pergantian tahun di desa wisata, di camp-nya dan sebagainya,” katanya. 

BACA JUGA: Dentuman Keras pada Kamis Siang di Gunungkidul Masih Jadi Misteri

Selain itu, menurut Kurniawan diharapkan penyelenggaraan event malam pergantian tahun di destinasi wisata tersebut dapat menyumbang length of stay di DIY.

“Harapannya bisa meningkatkan lenght of stay-nya, jadi lebih lama tinggal daripada datang terus balik lagi,” katanya.

Hingga Kamis (22/12/2022) sore, telah diagendakan sejumlah event malam pergantian tahun di tiap kabupaten di DIY, yaitu empat event di Kabupaten Bantul, lima event di Kabupaten Sleman, dan dua event di Kabupaten Kulonprogo. Gunungkidul hingga kini belum mengkonfirmasi akan menyelenggarakan berapa event selama malam pergantian tahun. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

OJK Cabut Izin Bank Bagong

News
| Jum'at, 03 Februari 2023, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Pemugaran Candi Perwara Prambanan Bakal Tambah Daya Tarik Wisatawan

Wisata
| Jum'at, 03 Februari 2023, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement