Advertisement

Dampak Hujan, Rumah Warga di Bantul Ambrol dan Terbawa Arus Sungai

Ujang Hasanudin
Selasa, 27 Desember 2022 - 00:17 WIB
Jumali
Dampak Hujan, Rumah Warga di Bantul Ambrol dan Terbawa Arus Sungai Ilustrasi/ Dok.BPBD Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, BANTULHujan lebat yang terjadi pada Senin (26/12/2022) di Bantul menyebabkan satu unit rumah milik Hajar Dwi, 57, di Dusun Ngojen, Kalurahan Tamantirto, Kapanewon Kasihan, Bantul hanyut dan terbawa arus sungai Bedog. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

BACA JUGA: Dapur Roboh Diterjang Hujan Angin, Warga Bantul Terperangkap Reruntuhan

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Penyebabnya pengikisan dari aliran pembuangan air hujan lewat gorong-gorong yang berada di bawah bangunan rumah. Kebetulan rumahnya juga berada di tepi Sungai Bedog,” kata Kasi Operasional SAR DIY Distrik Bantul, Bondan Supriyanto, saat dihubungi Senin (26/12/2022) malam.

Bondan menjelaskan rumah warga tersebut mulai ambrol sejak 21 Desember lalu. Awalnya bagian dapur yang ambrol. Kemudian, Senin (26/12/2022) bagian kamar mandi yang ambrol, hingga puncaknya sekitar pukul 18.00 WIB, kembali terjadi ambrol dan merusak hampir seluruh bangunan rumah, mulai dari bagian dapur, bagian ruang keluarga, bagian kamar tamu dan kamar rusak berat akibat kerusakan susulan.

“Tembok tertarik ke bawah hingga atap dan gunungan ambruk. Bangunan rumah hanya menyisakan satu kamar yang digunakan untuk menyimpan perabotan rumah,” kata Bondan.

Menurut Bondan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Sebab, penghuni rumah sudah mengetahui tanda-tanda bahwa rumahnya akan ambrol. Mereka menyelamatkan diri sebelum rumah ambrol dan terbawa arus sungai.

Terdapat empat penghuni rumah tersebut dalam satu kepala keluarga (KK). Mereka adalah Hajar Dwi, 57; Indra Fajar, 30; Nadia Dwi Kurniasari, 21; dan Salma Tri; 14.

“Sementara ini untuk penghuni rumah mengungsi terlebih dahulu ke rumah tetangganya,” ujarnya.

Rencananya pada Selasa (27/12/2022) akan dilakukan kerja bakti warga bersama sejumlah sukarelawan kebencanaan. Bondan memperkirakan kerugian akibat kejadian tersebut sekitar Rp100 juta lebih. Sementara untuk kebutuhan logistik kerja bakti dan bahan bangunan sudah dikoordinasikan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Begini Cara Pangeran Arab Saudi Nikmati Kekayaan

News
| Senin, 06 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement