Advertisement

Plt Ketum PPP Sebut KIB Akan Segera Bahas Penentuan Capres, Ada Partai Lain Gabung

Sunartono
Rabu, 28 Desember 2022 - 23:17 WIB
Bhekti Suryani
Plt Ketum PPP Sebut KIB Akan Segera Bahas Penentuan Capres, Ada Partai Lain Gabung Plt Ketum PPP Muhammad Mardiono (kanan) di sela-sela kegiatan LKKD DPW PPP DIY, Rabu (28/12/2022). - Harian Jogja /Sunartono.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Plt Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Mardiono menyebutkan dalam waktu dekat ini Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan segera membahas untuk menetapkan Capres yang akan bertarung di Pilpres 2024. Meski demikian partai berlambang Ka'bah ini lebih fokus pada penguatan internal partai untuk memperoleh kursi di parlemen.

"Karena syarat untuk pengajuan Capres itu harus 20 persen di parlemen maka kami bergabung di KIB. Sehingga pengusungan Capres Cawapres kami harus menyatu dengan KIB," kata Plt Ketum PPP Mardiono dalam kegiatan Latihan Kepemimpinan Kader Dasar (LKKD) bagi Kader PPP DIY di Ngaglik, Sleman, Rabu (28/12/2022) sore.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA: Sewa 61 Hotel Kegiatan Kemenag di Jogja Belum Dibayar, Sejumlah Hotel Melapor ke Polisi

Mardiono menambahkan terkait Capres dan Cawapres memang secara khusus belum ada pembahasan di Internal melalui Rapimnas. Karena saat ini partainya sedang konsentrasi untuk persiapan untuk memperoleh kursi di legislatif baik di kabupaten, provinsi dan pusat. Karena peroleh kursi di parlemen sangat menentukan untuk penentuan Capres pada pemilu berikutnya. "LKKD merupakan bagian upaya untuk persiapan menuju Pemilu 2024," ujarnya.

Akan tetapi Mardiono mengatakan kemungkinan antara Januari hingga Februari 2023 mendatang KIB akan menggelar pertemuan untuk menentukan Capres Cawapres. Menurutnya belum ada yang mengerucut terkait siapa tokoh yang akan dibawa PPP untuk diusulkan ke KIB.

"Mungkin antara Januari atau Februari sudah ada keputusan [penentuan Capres di KIB], rencana ada pertemuan di Januari, kira-kira ada partai lain yang bergabung di KIB. Mengerucut ke siapa belum, kami sedang merangkum suara tokoh masyarakat dan seluruh kader kami," katanya.

Ketua DPW PPP DIY Muhammad Yazid menambahkan PPP DIY sepenuhnya tegak lurus terhadap keputusan DPP PPP terkait pencapresan 2024. Akan tetapi dari DIY tentu akan mengusulkan beberapa nama yang disampaikan dalam rapat internal. Namun Yazid belum dapat membeberkan nama tersebut.

"Tentu putra terbaik bangsa yang akan kami usulkan. Akan tetapi sekali lagi soal siapa yang ditetapkan sebagai Capres sepenuhnya menjadi hak prerogatif DPP. Pada saat raker tentu dari DIY akan memberikan usulan" katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Fakta-Fakta Vaksin Qdenga yang Diklaim Mampu Cegah DBD 80 Persen

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement