Advertisement

UII Resmikan Gedung Baru FIAI

Lugas Subarkah
Jum'at, 30 Desember 2022 - 14:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
UII Resmikan Gedung Baru FIAI Ketua Pengurus YBW UII, Suwarsono dan Rektor UII, Fathul Wahid menandatangani prasasti gedung FIAI UII, Jumat (30/12/2022) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Yayasan Badan Wakaf (YBW) UII meresmikan bangunan gedung Fakultas Ilmu Agama Islam (FIAI) UII, Jumat (30/12/2022). Gedung ini terletak di lingkungan Kampus Terpadu UII, Jalan Kaliurang Km 14,5, Kapanewon Ngemplak, Sleman.

Mulai dibangun 24 Agustus 2018 dan selesai 31 Desember 2022, gedung ini menghabiskan dana sebesar Rp63,7 miliar di tanah seluas 4.290 meter persegi dan luas bangunan 13.834,06 meter persegi serta penyerapan tenaga kerja 170 orang.

Advertisement

Ketua Pengurus YBW UII, Suwarsono, mengatakan gedung ini merupakan salah satu gedung FIAI terbaik di Indonesia. Gedung FIAI ini menurutnya simple, fungsional dan tegas. “Itu lah peran yang harus diambil oleh FIAI dalam konteks UII dan Indonesia,” ujarnya.

Gedung baru ini diharapkan bisa mendorong FIAI UII untuk percaya diri dalam menjalankan peran dan kontribusinya. “Beban bukan bertambah ringan, tapi justru bertambah. Tapi Insyaallah dimudahkan. Semoga gedung baru ini membawa manfaat, kebarokahan dan kemajuan,” ungkapnya.

Rektor UII, Fathul Wahid, berharap dengan gedung baru ini aktivitas pembelajaran dan pengembangan ilmu di FIAI UII semakin dipermudah dan diperkuat. “Gedung ini indah, estetik, atau dalam bahasa Arab Jamal. Bangunannya indah, pemikirannya megah,” katanya.

Baca juga: Jumlah Wisatawan ke Bantul sejak Natal Meroket 3 Kali Lipat, Parangtritis Masih Jadi Idola

Bangunan ini terdapat lima lantai, satu semi basement dan satu basement. Ruang kuliah di dalamnya terdiri dari 15 ruang kelas sedang dan empat ruang kelas besar. Gedung ini dilengkapi lab computer, microteaching, inkubator bisnis, dan auditorium di lantai atas dengan kapasitas 200 orang.

Fasilitas lain yaitu terdapat ruang kemahasiswaan, simulasi sidang, rapat dan karyawan. Konsep yang digunakan di gedung ini yaitu simple modern green building dengan fleksibilitas fungsi ruang yang baik dengan low maintenance serta energy eficient dalam penggunaan energi.

Pembangunan Gedung FIAI diharapkan menjadi pusat informasi dan edukasi agama Islam bagi dunia pendidikan di tingkat nasional maupun internasional, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan mengenai agama Islam untuk seluruh civitas akademika serta bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya, dan yang terpenting dapat digunakan sebagai media dakwah Islam.

Proyek pembangunan gedung ini sekaligus sebagai salah satu bagian pengembangan jangka panjang Universitas di lingkungan kampus Fakultas Ilmu Agama Islam yang setiap tahun bertambah mahasiswa, dosen dan staf.

Saat ini FIAI memiliki tiga program studi, yaitu Program Sarjana, Program Magister, dan Program Doktor. Proyeksi dengan dibangunnya gedung baru ini adalah dapat memperluas dan menambah program studi yang ada di FIAI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

OJK Sebut Industri Leasing Bisa Masuk Peluang Bursa Karbon

News
| Kamis, 28 September 2023, 06:37 WIB

Advertisement

alt

Tiket Gratis Masuk Ancol, Berlaku Bagi Pengunjung Tak Bawa Kendaraan Bermotor

Wisata
| Selasa, 26 September 2023, 05:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement