Advertisement

Simak! Cara Kelurahan Sorosutan Jogja Cegah Warganya Terjerumus Narkoba

Stefani Yulindriani Ria S. R
Senin, 02 Januari 2023 - 07:57 WIB
Sunartono
Simak! Cara Kelurahan Sorosutan Jogja Cegah Warganya Terjerumus Narkoba Ilustrasi. - Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Kelurahan Sorosutan, Kemantren Umbulharjo, Kota Jogja bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Jogja membentuk Kelurahan Bersih Narkoba (Kelurahan Bersinar) sejak 2021. Melalui program Kelurahan Bersinar, berbagai langkah diupayakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai bahaya narkoba dan pencegahan penyalahgunaan narkoba. 

Lurah Kelurahan Sorosutan, Muhammad Zulazmi menyampaikan melalui program tersebut upaya mengkampanyekan bahaya narkoba terus dilakukan melalui berbagai kegiatan di tingkat kelurahan. 

Advertisement

BACA JUGA : Baru Bebas, Pengedar Narkoba di Jogja Masuk Bui Lagi

“Ada beberapa kegiatan yang dilakukan bersama [Kelurahan Sorosutan dan BNN Jogja], pertama kampanye anti narkoba melalui beberapa kegiatan di kelurahan,” katanya. 

Melalui kegiatan di tingkat kelurahan, antara lain pertemuan PKK, jalan sehat, dan pengajian, BNN Jogja memberikan penyuluhan terkait Pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika (P4GN) secara langsung. 

“[melalui Kelurahan Bersinar] Supaya masyarakat jadi punya kesadaran bersama kalau narkoba ini berbahaya, harus dihindari,” katanya. 

Menurut Muhammad, penyadaran masyarakat perlu dilakukan sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba. “Setiap orang berlalu, kemudian [masyarakat akan memiliki kesadaran]narkoba ini menjadi soal yang harus mendapat perhatian,” katanya. 

Selain itu, sejumlah spanduk serta poster mengenai bahaya narkoba ditempel di sekitar area Kelurahan Sorosutan. Melalui program tersebut diharapkan kelurahan dapat menjadi garda terdepan untuk mewujudkan Indonesia bersih dari penyalahgunaan narkoba.

Bagi  ada warga yang terpapar narkoba, layanan rehabilitasi akan ditawarkan melalui layanan kesehatan yang telah menjalin kerjasama dengan BNN Jogja, baik puskesmas maupun rumah sakit.  “War on drugs harus ada kolaborasi bersama bukan hanya BNN sendiri,” katanya. 

Upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba perlu kerja sama berbagai pihak, tidak hanya BNN Jogja. Dalam hal ini, kelurahan berupaya untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di tingkat paling bawah.

Melalui Kelurahan Bersinar, Muhammad berharap,  masyarakat sendiri dapat memiliki kesadaran dan komitmen bersama dalam upaya war on drugs. 

BACA JUGA : BNNP DIY Ajak Masyarakat Berolahraga agar Tak Terjerumus

"Harapan kami masyarakat jadi lebih waspada, kemudian memiliki tekad bersama untuk memberikan perhatian lebih pada narkoba, karena narkoba bukan masalah yang jauh, kadang juga ada disekitar kita. Sehingga [diharapkan] penyalahgunaan narkoba bisa terdeteksi secara dini, kalau dihilangkan tidak bisa, diminimalisisasi seminimal mungkin," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sheila on 7 Bikin Konser di Medan, Pertumbuhan Sektor Pariwisata di Sumut Ikut Subur

News
| Kamis, 25 April 2024, 13:07 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement