Advertisement

Selama Nataru, Dua Kali Wisatawan Tenggelam di Parangtritis

Ujang Hasanudin
Senin, 02 Januari 2023 - 15:47 WIB
Bhekti Suryani
Selama Nataru, Dua Kali Wisatawan Tenggelam di Parangtritis Foto ilustrasi: Wisatawan bermain dan berenang di Pantai Parangtritis, Bantul. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Satlinmas Wilayah III Parangtritis-Depok mencatat selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) dari 24 Desember 2022 sampai 1 Januari 2023 terdapat dua kejadian kecelakaan laut di Pantai Parangtritis.Beruntung para korban berhasil diselamatkan sehingga tidak ada korban jiwa.

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah III Parangtritis-Depok, Arief Nugraha mengatakan dua laka laut tersebut semuanya adalah wisatawan. Pertama terjadi pada 25 Desember 2022 yang menimpa wisatawan asal Sidoarjo, Jawa Timur, bernama Sumadi Dwi Setyo.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Kejadian itu bermula saat korban bersama rombongan tiba di Parangtritis sekitar pukul 13.30 WIB, kemudian langsung mandi dan bermain air di pantai. Tiba tiba tanpa disadari oleh korban, tiba ombak besar dan membuat korban tidak lagi dapat berpijak di pasir sehingga korban tenggelam.

Arus balik ke tengah membawa korban menuju ke palung. Korban pun melambai lambaikan tangan. “Petugas piket Satlinmas yang melihat kejadian tersebut langsung memberikan pertolongan kepada korban, petugas menolong dengan berenang ke arah korban yang berada di tengah palung, kemudian setelah mengapai korban petugas segera membawa korban ketepian pantai.” Kata Arief.

Kejadian kedua menimpa Francisco, wisatawan asal Salatiga Jawa Tengah pada 1 Januari 2023. Kejadian bermula saat korban bersama delapan temanya tiba dipantai parangtritis Pukul 02.00 WIB dini hari. Rombongan tersebut beristirahat di pantai Parangtritis. Korban mulai bermain air pukul 08.15 WIB.

Rombongan bermain air pada lokasi palung laut, salah satu dari delapan orang tersebut berenang terlalu ke tengah. Petugas sempat mengingatkan korban dan teman-temannya agar tidak terlalu ke tengah. “Melihat satu temanya terlalu ke tengah, korban berniat untuk mendatangi temanya agar segera menuju ketepian, namun justru korban yang awalnya akan memanggil temanya terseret arus balik ke tengah dan tenggelam, petugas Satlinmas Rescue Wil III yang melihat kejadian tersebut langsung memberikan pertolongan pada korban,” ujar Arief.

Lebih lanjut Arief mengatakan kedua korban dalam kejadian laka laut tersebut selamat sehingga tidak ada korban jiwa. Pihaknya selalu mengingatkan wisatawan untuk berhati-hati ketika bermain air di Pantai Parangtritis. Karena selama libur Nataru terdapat sekitar 17 palung di Parangtritis.

BACA JUGA: Diserang Gerombolan Tawon Vespa, Pria Ini Meninggal Dunia

Saat ini ada 69 personel Satlinmas Wilayah Operasional Parangtritis-Depok yang masih bertugas hingga 3 januari mendatang. Jumlah tersebut belum termasuk dari Ditpolairud Polda DIY, TNI AL, dan sukarelawan lainnya. Sementara di wilayah barat atau Pantai Samas sampai Pandansimo ada 30 personel Satlinmas yang bersiaga selama libur Nataru

“Alhamdulillah sepanjang libur Nataru tak ada kejadian signifikan di wilayah Samas sampai Pandansimo. Namun demikian, petugas masih bersiaga sampai tanggal 3 Januari 2023,” kata Koordinator Satlinmas Wilayah Operasional IV dari Samas sampai Pandansimo, Dwi Rias Pamuji. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Begini Cara Pangeran Arab Saudi Nikmati Kekayaan

News
| Senin, 06 Februari 2023, 22:07 WIB

Advertisement

alt

Kunjungan Malioboro Meningkat, Oleh-oleh Bakpia Kukus Kebanjiran Pembeli

Wisata
| Senin, 06 Februari 2023, 10:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement