Advertisement

Ramai Penumpang, Armada Bus Trans Jogja Jurusan Palbapang Ditambah

Andreas Yuda Pramono
Selasa, 03 Januari 2023 - 15:47 WIB
Bhekti Suryani
Ramai Penumpang, Armada Bus Trans Jogja Jurusan Palbapang Ditambah Foto ilustrasi bus Trans Jogja. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bantul menambah armada bus Trans Jogja di Terminal Palbapang. Kebijakan penambahan armada tersebut diambil setelah armada yang ada dirasa kurang mampu menampun penambahan penumpang.

Kepala Bidang Angkutan Jalan dan Prasarana Transportasi Dishub Bantul, Suyamto, mengatakan dengan bertambahnya armada tersebut, penumpang akan lebih nyaman dan tidak berdesakan.

Advertisement

“Biar penumpang juga lebih nyaman dan tidak berdesakan,” kata Suyamto dihubungi pada Selasa, (03/01/2023).

Jelasnya, total armada yang ada di Terminal Palbapang mencapai 10 bus. Sehingga ada penambahan dua armada dari yang semula delapan armada. Suyamto juga mengatakan dengan penambahan tersebut, jarak waktu tungga antararmada menjadi lebih cepat. Dari yang sebelumnya kisaran 15 hingga 20 menit, sekarang menjadi 10 hingga 12 menit.

“November hingga Desember 2022 lalu kan kami melakukan evaluasi. Penumpangnya itu dulu hanya sekitar 500 hingga 700 di hari biasa sementara akhir pekan bisa sampai ribuan,” katanya.

BACA JUGA: Dijanjikan Kerja di Bandara Adisutjipto, Kakak Beradik Tertipu Ratusan Juta Rupiah

Jumlah tersebut meningkat dari waktu ke waktu. Sekarang, penumpang trans jogja di hari biasa mencapai 2000 an orang.

“Jadi pagi dan sore itu masing-masing 1000 an penumpang. Totalnya ya 2000 an. Itu hari biasa loh ya. Dengan begitu kan perlu penambahan armada,” ucapnya.

Jam operasional baru Trans Jogja rute Palbapang-Ngabean-Malioboro tersebut dimulai pukul 05.30 hingga 21.30 WIB. Tarif reguler untuk menggunakan trans jogja sebesar Rp3.600, lalu khusus untuk pelajar hanya Rp60. Apabila seseorang  ingin berlangganan, mereka dapat membeli kartu langganan sebesar Rp50.000. Dengan kartu tersebut, penumpang hanya akan membayar Rp2.700 apabila akan menggunakan Trans jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement