Advertisement

Trans Jogja Trayek Baru Diklaim Serobot Rute Bus, PT JTT Diminta Patuhi Kesepakatan

CRA22
Kamis, 10 November 2022 - 19:27 WIB
Arief Junianto
Trans Jogja Trayek Baru Diklaim Serobot Rute Bus, PT JTT Diminta Patuhi Kesepakatan Foto ilustrasi bus Trans Jogja. - Harian Jogja/Desi Suryanto

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL - Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul mengakui adanya pihak yang menganggap Trans Jogja rute Malioboro-Palbapang merebut penumpang bus yang ada sekarang karena rutenya hampir sama yaitu Palbapang ke Pojok Beteng.

Bendahara Organda Kabupaten Bantul, Sumarno turut membenarkan hal itu. Keluhan tersebut, kata dia, diutarakan oleh pihak Koperasi Angkutan Umum Abadi dan sejumlah koperasi lain pengelola bus pemiik rute yang sama dengan Trans Jogja.

Advertisement

Sumarno mengatakan bahwa pembukaan rute baru Trans Jogja Palbapang-Malioboro terkesan tergesa-gesa dikarenakan belum adanya rambu-rambu khusus untuk menandai rute maupun perhentian bus milik Trans Jogja sehingga sempat terjadi penyerobotan titik perhentian.

“Memang benar ada masalah, khususnya ketika Car Free Day. Kami sudah bertemu Dishub Bantul dan mereka sudah meminta maaf terkait dengan hal tersebut. Kami juga sudah sepakat apabila Trans Jogja boleh melintas berarti angkutan umum kami juga harus diperbolehkan begitu pun sebaliknya,” kata Sumarno, Kamis, (10/11/2022).

Sumarno juga mempersoalkan kesepakatan awalnya dengan Dishub Bantul dan DIY terkait dengan penggunaan kartu sebagai alat pembayaran Trans Jogja.

“Kenyataannya Trans Jogja masih menerima pembayaran secara tunai dengan sistem tiket yang bisa dibeli di terminal,” katanya.

Dia mendesak PT Jogja Tugu Trans (JTT) untuk melaksanakan kesepakatan awal dengan menaikkan dan menurunkan penumpang melalui perhentian bus atau bus stop sesuai wilayah masing-masing serta realisasi kartu pembayaran Trans Jogja harus disegera diwujudkan.  "Silakan Trans Jogja beroperasi di Palbapang tetapi kesepakatan awal ya harus dijalankan," ucap dia.

BACA JUGA: Seminggu Beroperasi, Trans Jogja Rute Palbapang Diklaim Serobot Penumpang Bus Lain

Sebelumnya, Kepala Bidang Angkutan Jalan dan Prasarana Transportasi Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul, Suyamto. Dia mengatakan Trans Jogja rute Malioboro-Palbapang dianggap merebut penumpang bus yang ada sekarang karena rutenya hampir sama yaitu Palbapang ke Pojok Beteng.

"Tetapi kami meyakinkan bahwa penumpang bus itu dan Trans Jogja itu beda. Penumpang Trans Jogja lebih sering anak-anak sekolah, wisatawan, dan pegawai. Sementara bus lainnya itu lebih banyak penumpang pedagang,” kata Suyamto, Kamis (10/11/2022).

Suyamto menegaskan bahwa Trans Jogja tidak akan mengambil penumpang secara sembarangan. Trans Jogja hanya akan mengambil penumpang yang berdiri area perhentian bus milik Trans Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement