Advertisement

Seminggu Beroperasi, Trans Jogja Rute Palbapang Diklaim Serobot Penumpang Bus Lain

CRA22
Kamis, 10 November 2022 - 17:47 WIB
Arief Junianto
Seminggu Beroperasi, Trans Jogja Rute Palbapang Diklaim Serobot Penumpang Bus Lain Penumpang turun dari Trans Jogja rute Malioboro-Palbapang. - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Seminggu beroperasi, Trans Jogja rute Malioboro-Palbapang diklaim bersinggungan dengan bus lain dengan rute yang hampir sama.

Hal itu diakui oleh Kepala Bidang Angkutan Jalan dan Prasarana Transportasi Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul, Suyamto. Dia mengatakan Trans Jogja rute Malioboro-Palbapang dianggap merebut penumpang bus yang ada sekarang karena rutenya hampir sama yaitu Palbapang ke Pojok Beteng.

Advertisement

PROMOTED:  5 Mitos dan Fakta Kesehatan Anak ala Tokopedia Parents

"Tetapi kami meyakinkan bahwa penumpang bus itu dan Trans Jogja itu beda. Penumpang Trans Jogja lebih sering anak-anak sekolah, wisatawan, dan pegawai. Sementara bus lainnya itu lebih banyak penumpang pedagang,” kata Suyamto, Kamis (10/11/2022).

Suyamto menegaskan bahwa Trans Jogja tidak akan mengambil penumpang secara sembarangan. Trans Jogja hanya akan mengambil penumpang yang berdiri area perhentian bus milik Trans Jogja.

BACA JUGA: Dewan Desak Pemkab Bantul Segera Perbaiki 15 Sekolah Terancam Ambruk

Dia mengatakan pemerintah telah membangun dan memberikan informasi terkait dengan titik perhentian bus secara jelas. Titik tersebut masing-masing ada di Terminal Palbapang, SMA 1 Bantul, Polres Bantul, eks Stasiun Bantul, Pasar Bantul, BRI Pasar Bantul, SMP 2 Bantul, Kantor Kesbangpol Bantul, sentra kuliner sekitar Pasar Niten, simpang empat Kasongan, dan sisi selatan Dongkelan. 

“Titik itu dimulai dari selatan ke utara. Sedangkan yang dari utara ke selatan tidak jauh berbeda. Nah perhentian bus tersebut ada di luar titik milik perhentian bus non-Trans Jogja,” katanya.

Meski begitu, dia tak menampik ada persoalan untuk tempat pemberhentian bus Trans Jogja dari arah utara ke selatan yang berada di dekat simpang empat Kasongan.

Advertisement

Pasalnya, tiang pemberhentian bus Trans Jogja yang dipasang ternyata ternyata merupakan area pemberhentian bus non-Trans Jogja.

“Solusinya, itu nanti kami pindah. Sebelumnya kan mau saya tempatkan di utara simpang empat, tetapi nanti malah bikin macet. Kami akan bahas hal tersebut dengan pengusaha pemilik bus yang bersangkutan. Kalau mereka minta titik tersebut diletakkan di utara ya kami taruh di sana,” ucapnya.

Suyamto juga mendapat keluhan bahwa ketika Car Free Day di depan Pasar Bantul pada Minggu lalu, hanya Trans Jogja yang boleh melintas sedangkan bus lainnya tak boleh. "Akhirnya, Trans Jogja juga tak kami izinkan lewat di kawasan tersebut [saat Car Free Day]," kata dia.

Advertisement

PROMOTED:  Kisah Dua Brand Kecantikan Lokal Raup Untung dari Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

FKY Bisa Jadi Wadah Promosi untuk UMKM DIY

FKY Bisa Jadi Wadah Promosi untuk UMKM DIY

Jogjapolitan | 47 minutes ago

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Piala Dunia 2022

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prakiraan Cuaca DIY Hari Ini, Bantul Hujan Tipis

News
| Sabtu, 03 Desember 2022, 08:07 WIB

Advertisement

alt

Sambut Natal, Patung Cokelat Sinterklas Terbesar di Indonesia Ada di Hotel Tentrem Jogja

Wisata
| Jum'at, 02 Desember 2022, 23:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement