Advertisement

Bupati Pengin Bantul Juara Umum di Porda, Atlet Justru Merasa di-PHP soal Bonus

Ujang Hasanudin
Selasa, 17 Januari 2023 - 19:27 WIB
Arief Junianto
Bupati Pengin Bantul Juara Umum di Porda, Atlet Justru Merasa di-PHP soal Bonus Porda dan Peparda DIY 2022. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Para atlet Pekan Olahraga Daerah (Porda) ke-XVI 2022 yang mewakili Bantul dan berprestasi berharap ada kepastian pencairan bonus. Pasalnya sampai saat ini mereka belum menerima bonus seperti yang dijanjikan.

Dalam Porda 2022 yang diselenggarakan di Sleman, untuk Bantul meraih juara kedua dengan perolehan medali emas sebanyak 135, medali perak 138, dan 166 medali perunggu.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Salah satu atlet peraih emas dari cabang olahraga (cabor) renang, Valeria Paulini Yuwono, 22, mengaku setelah selesai Porda sampai saat ini belum mengetahui kapan bonus bisa cair.

“Dari saya pribadi, kalau bisa jangan kelamaan [pencairan bonus]. Sebenarnya lama juga enggak apa-apa, yang pasti ada kepastian kapan cairnya. Jadi kita tidak merasa di-PHP. Lebih baik enggak apa-apa lama tetapi ada kepastian. Karena sama sekali memang tidak ada kabar kapan cairnya, digantung terus,” katanya, Selasa (17/1/2023).

BACA JUGA: Pengurus KONI Resmi Dilantik, Bantul Diminta Jadi Juara Umum Porda

Perempuan yang akrab disapa Paulini ini mengatakan dalam Porda 2022 lalu ia berhasil menyabet dua medali emas, satu perak, dan satu perunggu di cabor renang perorangan, belum termasuk perolehan medali untuk beregu estafet. Meski belum ada kepastian pencairan bonus, ia berharap besaran bonus sama dengan bonus Porda 2019 lalu.

Bonus atlet Porda 2019, kata Paulini, praih emas mendapat Rp15 juta dan perak Rp7 juta. Pada Porda 2019, di perorangan Paulini dapat empat emas, lalu untuk estafet beregu dapat satu emas, satu perak, dan satu perunggu. "Saya lupa detil berapa nominal per medalinya, tapi waktu itu saya total mendapat sekitar Rp72 juta,” ujarnya.

Menurut mahasiswi salah satu perguruan tinggi negeri di Jogja ini mengaku membutuhkan bonus tersebut untuk biaya kuliah dan kebutuhan sehari-hari. Sebab baginya menjadi atlet bukan lagi sekedar hobi melainkan bagian dari profesi.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemuda dan Olahraga Disdikpora Bantul, Andus Sarwana mengatakan untuk bonus atlet Porda DIY 2022 sudah dianggarkan di tahun ini.

Adapun mekanisme pencairannya melalui dana hibah dari Pemkab Bantul melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bantul.

Diketahui, pengurus KONI Bantul periode 2023-2027 baru saja dilantik belum lama ini. Saat pelantikan, Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih meminta kepada pengurus KONI Bantul yang baru itu untuk meningkatkan prestasi atlet sejumlah cabang olahraga.  

Terdekat, mereka diminta untuk meraih juara umum Pekan Olahraga Daerah (Porda) ke-17 yang digelar di Gunungkidul dua tahun mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Siswi SMP di Klaten Jadi Korban Kekerasan Seksual hingga Ratusan Kali

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 17:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement