Advertisement

Disebut Cak Nun soal Jokowi, Ternyata Ini Sifat Firaun, Qarun, dan Haman

Bernadheta Dian Saraswati
Rabu, 18 Januari 2023 - 18:17 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Disebut Cak Nun soal Jokowi, Ternyata Ini Sifat Firaun, Qarun, dan Haman Cak Nun

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Cak Nun viral pada Rabu, 18 Januari 2023. Hal itu karena video berisi konfirmasi dan permintaan maaf yang diunggah di platform media sosialnya, salah satunya [email protected]  

Pira bernama lengkap Emha Ainun Nadjib ini memang sedang jadi perbincangan belakangan ini. Hal tersebut lantaran Cak Nun sempat menyebut Joko Widodo sebagai Fir'aun pada cemarah sebelumnya.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Bukan hanya Jokowi, orang terkaya Indonesia, Antony Salim dan Luhut Binsar Panjaitan disebut sebagai Qorun dan Haman.

"Karena Indonesia dikuasai oleh Firaun yang namanya Jokowi. Oleh Qorun yang namanya Antoni Salim dan 10 Naga. Terus Hamman yang namanya Luhut," kata Cak Nun dikutip dari potongan video viral di Twitter.

Karena terus menjadi perbincangan, Cak Nun dan putranya, Sabrang, merilis video klarifikasi pada Selasa, 17 Januari 2023 malam WIB.

Dalam video yang diunggah di Instagram @caknundotcom tersebut, ia mengaku kesambet entitas yang entah apa, sehingga membuatnya mengatakan apa yang tidak seharusnya dikatakan.

Baca juga: Cak Nun Trending setelah Bikin Video Permintaan Maaf, tapi untuk Siapa?

Namun sebenarnya siapa Firaun, Qorun, dan juga Haman hingga akhirnya membuat Cak Nun akhirnya meminta maaf kepada publik?

Dilansir dari Bisnis.com, Firaun pada dasarnya adalah kata yang digunakan untuk menyebut raja-raja Mesir. Ada banyak Firaun yang menjabat sebagai Raja Mesir selama ini.

Akan tetapi karena sebagian besar hanya mendengar kisah Firaun dan Nabi Musa, maka definisi Firaun dipandang sempit oleh sebagian besar orang.

Banyak yang menganggap jika Firaun identik dengan raja yang kejam dan tak kenal welas asih. Padahal, tidak semua Firaun itu tidak beriman. 

Anggota Dewan Tertinggi Urusan Islam Mesir, Syekh Khalid al-Jundi, dalam cermahnya pernah mengatakan jika adapula Fir'aun yang beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Sementara Qorun merupakan orang kaya yang hidup di zaman Nabi Musa AS. Qarun ini masih memiliki hubungan kerabat dengan Nabi Musa.

Meski demikian, Qarun memiliki sifat yang sangat bertentangan dengan saudaranya itu, ia sombong dan dilaknat Allah SWT. Kisah Qarun tertuang dalam Al-Qasas ayat 76.

"Sesungguhnya Qarun adalah termasuk kaum Musa, maka ia berlaku aniaya terhadap mereka, dan Kami telah menganugerahkan kepadanya perbendaharaan harta yang kunci-kuncinya sungguh berat dipikul oleh sejumlah orang yang kuat-kuat. Ingatlah ketika kaumnya berkata kepadanya: 'Janganlah kamu terlalu bangga; Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang terlalu membanggakan diri," (QS. Al-Qasas 76).

Kemudian Haman beberapa kali disebut dalam Al-Quran. Pantas saja, dia adalah penasihat Firaun yang hidup sezaman dengan Nabi Musa.

Sebagai seorang pembesar kerajaan, Haman pernah diutus Firaun untuk membuat sebuah bangunan super besar pada zaman itu.

Haman diperintah oleh Firaun untuk membuat menara yang akan digunakan Firaun untuk melihat "Tuhan Musa". Pembuatan menara itu membutuhkan 50.000 pekerja dan belum termasuk tukang untuk membuat kuil-kuil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : bisnis.com

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jasad Pasutri asal Karanganyar Ditemukan Mengapung di Sungai Bengawan

News
| Senin, 30 Januari 2023, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement