Advertisement

Mahasiswa Demo di UNY Tuntut Perbaikan UKT, Buntut Kasus Sulitnya Bayar Uang Kuliah

Anisatul Umah
Kamis, 19 Januari 2023 - 17:07 WIB
Bhekti Suryani
Mahasiswa Demo di UNY Tuntut Perbaikan UKT, Buntut Kasus Sulitnya Bayar Uang Kuliah Kampus Universitas Negeri Yogyakarta - uny.ac.id

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN Puluhan mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi menggelar demonstrasi di depan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menuntut perbaikan sistem Uang Kuliah Tunggal (UKT). Koordinator Umum (Kordum) aksi, Rian Santula mengatakan aksi ini merupakan solidaritas mendukung perjuangan mahasiswa di UNY.

Demo juga menjadi pemantik awal dalam menuntut perbaikan sistem UKT, sekaligus menjadi momentum sepuluh tahun pemberlakukan UKT di Indonesia.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

"Aksi ini sudah tiga hari lalu kami koordinasikan dengan teman-teman. Mereka bilang butuh solidaritas teman-teman untuk lebih menyemangati dalam hal memperjuangkan UKT. Ini aksi gabungan dari beberapa kampus," ucapnya, Kamis (19/1/2023).

Dia juga mengkritik sistem otonomi melalui Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH). Negara menurutnya lepas tangan karena mendorong kampus mengelola lembaga-lembaga usahanya sendiri.

BACA JUGA: Menginap di Tembi, Delegasi ATF akan Ikut Membatik dan Jajal Sandboarding di Gumuk Pasir

Baginya yang terpenting adalah bagaimana negara menjalankan mandat UUD Pasal 31 1945. Di mana setiap warga negara berhak mendapat pendidikan.

"Tanggung jawab negara mendukung dan memberikan pendidikan yang layak bagi masyarakat. Kami menagih di sana."

Lebih lanjut dia mengatakan, mereka berencana menggelar aksi lanjutan di Jakarta mendatangi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) sekitar Februari 2023 mendatang.

"Aksi ini akan dilakukan di Jakarta yaitu datang ke kantor pak Nadiem [Mendikbud]. Masih riset pengumpulan data berapa yang masih terkendala soal pembayaran UKT di UNY," lanjutnya.

Rahmat Ganta Semendawi pemilik akun @rgantas yang sempat viral menceritakan perjuangan Nur Riska Fitri meminta keringanan UKT. Dia menyebut semua tulisan yang buat bisa dipertanggungjawabkan.

"Sekarang ada 1.000 mahasiswa UNY yang mengalami kesulitan UKT menurut data UNY Bergerak. Menurut saya lebih baik kita perjuangkan hal tersebut," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Update Covid 5 Februari 2023: Kasus Positif Naik 171, Sembuh 181 & Meninggal 1

News
| Minggu, 05 Februari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

alt

Simak! Ini 10 Gunung Termegah di Dunia

Wisata
| Minggu, 05 Februari 2023, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement