Advertisement

Menginap di Tembi, Delegasi ATF akan Ikut Membatik dan Jajal Sandboarding di Gumuk Pasir

Ujang Hasanudin
Kamis, 19 Januari 2023 - 16:07 WIB
Arief Junianto
Menginap di Tembi, Delegasi ATF akan Ikut Membatik dan Jajal Sandboarding di Gumuk Pasir Gumuk pasir di Pantai Parangtritis. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL — Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul sudah menyiapkan sejumlah sarana dan prasarana di destinasi wisata yang akan dikunjungi delegasi ASEAN Tourism Forum (ATF) pada 6 Februari mendatang.

Kepala Seksi Promosi dan Informasi Data, Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi mengatakan lokasi yang akan dikunjungi delegasi ATF ada lima, yakni Kids Fun, kerajinan batik di Wukirsari, Gumuk Pasir dan Laguna Depok di kawasan Parangtritis. “Rencananya menginapnya di Tembi,” katanya, Kamis (19/1/2023).

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Markus mengatakan destinasi tersebut baru rencana berdasarkan hasil rapat dengan panitia penyelenggara ATF dan tidak menutup kemungkinan bisa berubah. Sementara jumlah delegasi yang akan berkunjung ke Bantul diperkirakan ada sekitar 10-20 orang.

Pihaknya sudah menyosialisasikan kepada pengelola wisata yang akan dikunjungi delegasi ATF tersebut, bahkan pengelola wisata sudah diajak rapat langsung untuk mempersiapkan sarana dan prasarana, termasuk menyiapkan sandboarding atau papan selancar pasir. “Kami sampaikan ke pengelola Gumuk Pasir untuk menyiapkan sandboarding dan tali pengaitnya supaya nyaman digunakan delegasi ATF,” ujarnya.

BACA JUGA: Delegasi ATF di Sleman Akan Diajak Naik Gerobak Sapi hingga Kunjungi Konservasi Burung Hantu

Lebih lanjut Markus mengatakan delegasi ATF kemungkinan akan lebih lama beraktivitas di Wukirsari. Sebab di sana, kata dia, delegasi akan belajar membatik dan hasil batiknya nanti akan dibawa masing-masing delegasi. Selesai membatik delegasi akan makan siang di lokasi tersebut.

Rencananya ada sejumlah buyer yang akan ikut serta ke Wukirsari. Dia mengatakan pengelola kerajinan Batik Wukirsari sudah disiapkan karena di Wukirsari selama ini memang sering didatangi tamu untuk belajar membatik.

Dia berharap kedatangan delegasi ATF ini dapat mengenalkan destinasi wisata dan kerajinan ke kancah internasional. Sebab kunjungan wisatawan asing ke Bumi Projotamansari ini masih minim, bahkan tidak sampai 10% dari total kunjungan wisatawan asing ke DIY yang mengunjungi Bantul.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, dan Perindustrian (DKUKMPP) Bantul, Agus Sulistiyana mengatakan telah mempersiapkan sebanyak enam UKM yang akan mengisi boot di Jogja Expo Center (JEC).

Selain itu masih ada 18 pelaku UKM yang sedang dikurasi oleh Dinas Koperasi dan UKM DIY. Sejumlah UKM tersebut di antaranya kerajinan sepatu, kerajinan kayu, kerajinan batang pisang dan sebagainya. “Selain itu ada juga UKM yang fresh misalnya minuman dawet, wedang uwuh dan mi lethek,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jasad Pasutri asal Karanganyar Ditemukan Mengapung di Sungai Bengawan

News
| Senin, 30 Januari 2023, 00:27 WIB

Advertisement

alt

Tanggal Tua tapi Pengin Piknik? Bisa kok

Wisata
| Minggu, 29 Januari 2023, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement