Advertisement

ATF 2023 Datangkan Delegasi ASEAN, GKR Bendara: Tak Ada Tambahan Direct Flight

Stefani Yulindriani Ria S. R
Rabu, 11 Januari 2023 - 23:07 WIB
Arief Junianto
ATF 2023 Datangkan Delegasi ASEAN, GKR Bendara: Tak Ada Tambahan Direct Flight Ilustrasi YIA. - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — ASEAN Tourism Forum (ATF) yang akan digelar pada 2-5 Februari 2023 akan menghadirkan delegasi dari negara ASEAN, serta lima negara dari luar ASEAN.

Meski dihadiri delegasi dari berbagai negara, otoritas Yogyakarta International Airport (YIA) memastikan tidak ada penambahan direct flight (penerbangan langsung) dari mancanegara ke YIA. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

Ketua Pelaksana ATF 2023, GKR Bendara menyampaikan tidak ada penerbangan langsung yang ditambah untuk penyelenggaraan ATF.  “Tidak bisa [menambah penerbangan langsung dari mancanegara ke YIA]. Karena kami harus melihat slot waktu yang ada,” ucap GKR Bendara, Rabu (11/1/2023).

Menurutnya, saat ini industri penerbangan masih terdampak pandemi, masih terbatasnya maskapai dan kru yang tersedia. Sehingga tidak memungkinkan untuk menambah penerbangan internasional langsung ke YIA. 

“Kami tidak bisa menambahkan direct flight [penerbangan langsung] mancanegaranya. Kami sedang berusaha untuk airland [maskapai] lain untuk masuk, sehingga saya tidak bisa mengatakan akan ada penambahan,” ucapnya. 

BACA JUGA: Demi ATF 2023, JEC Direnovasi, Anggaran Tembus Rp8 Miliar

GKR Bendara menyampaikan upaya untuk dapat memudahkan delegasi sampai ke DIY terus dilakukan. Beberapa delegasi, menurutnya, ada yang memilih untuk menginap di Jakarta, lalu menggunakan pesawat domestik untuk dapat sampai di DIY. 

“Sehingga kami menggunakan apa saja yang ada. Demikian delegasi ada yang menginap di Jakarta, datang ke Jogja pagi dengan pesawat domestik,” katanya. 

Saat ini, penerbangan langsung ke YIA masih berasal dari YIA-Malaysia dan YIA-Singapura. “Harapannya ini [ATF] menjadi pintu gerbang Jogja untuk menuju pariwisata yang menginternasional, karena dari Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah [Ripparda] DIY, Jogja memiliki target menjadi salah satu destinasi terkemuka di Asia Tenggara di bidang budaya. Semoga ini menjadi pintu gerbangnya. Harapannya kita menuju ke sana setelah ATF,” ucap GKR Bendara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral di Media Sosial, Ini Profil Pemilik RamenYA

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement