Advertisement

Belum Ada Investor Masuk Sekitar Jalan Tol Jogja YIA

Ujang Hasanudin
Rabu, 11 Januari 2023 - 15:47 WIB
Budi Cahyana
Belum Ada Investor Masuk Sekitar Jalan Tol Jogja YIA Ilustrasi jalan tol. - Pixabay

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Proyek Tol Jogja Solo Seksi 3 atau Tol Jogja Yogyakarta International Airport (YIA) belum memengaruhi tingkat investasi di sekitar jalur tol.

Tol Jogja YIA akan melewati Sleman, Bantul, dan Kulonprogo. Di Bantul, jalur tol tersebut melintasi Dusun Jurug, Desa Argosari, Kecamatan Sedayu. Kepala Dusun Jurug, Sukiman, mengatakan belum ada investor masuk setelah adanya kepastian jalur Tol Jogja YIA. 

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

“Setelah ada sosialisasi jalan tol, saya belum mendengar ada investor masuk untuk bangun perumahan, pabrik atau sejenisnya,” katanya, Rabu (11/1/2023).

Namun di Dusun Jurug sudah ada tiga perumahan yang jaraknya sekitar 500 meter dari jalur jalan tol. Dua perumahan sudah dibangun sejak 2020 lalu. Sementara, satu lagi masih berupa kaveling-kaveling. “Yang belum dibangun luasnya lebih luas. Pengadaan tanahnya sejak 2008,” ujarnya.

BACA JUGA: BPK DIY Siapkan Tim Audit untuk Periksa Dugaan Korupsi di SSA Bantul

Menurut Sukiman, lahan yang dilewati Tol Jogja YIA di wilayah Jurug sebagian besar adalah lahan pertanian. Namun ada juga permukiman. Investasi juga belum masuk di Dusun Panggang, Desa Argomulyo, Kecamatan Sedayu. “Sejauh yang saya tahu belum ada investor masuk,” kata Kepala Dusun Panggang, Wahyu Joko Triyono.

Ia salah satu yang terdampak Tol Jogja Solo Seksi 3. Rumahnya bakal dilalui jalan tol sehingga Wahyu harus pindah rumah.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bantul Annihayah mengatakan Sedayu merupakan salah satu kawasan yang dibidik investor. Sebagian besar investasi perumahan, gudang, dan juga pendidikan. Namun investor tersebut sudah berniat menanamkan modal sebelum penentuan trase Tol Jogja Solo Seksi 3 atau Tol Jogja YIA.

“Kalau terkait persisnya [apakah ada hubungannya dengan jalan tol atau tidak] saya tidak tahu. Tapi berdasarkan kajian, 2021 Bantul diminati untuk perumahan dan gudang seperti di Piyungan dan Sedayu. Ada juga pendidikan,” katanya.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Harga BBM Nonsubsidi Pertamina Naik Per 1 Februari 2023

News
| Rabu, 01 Februari 2023, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Ini Nih... Wisata di Solo yang Instagramable, Ada yang di Dalam Pasar!

Wisata
| Selasa, 31 Januari 2023, 23:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement