Advertisement

Begini Gambaran Desain Arsitektur Jogja Planning Gallery di Malioboro

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 24 Januari 2023 - 17:17 WIB
Budi Cahyana
Begini Gambaran Desain Arsitektur Jogja Planning Gallery di Malioboro Bangunan di Jalan Perwakilan Malioboro sudah dirobohkan dan lahahnya akan dipakai sebagai taman Jogja Planning Gallery. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Desain Jogja Planning Gallery (JPG) yang akan dibangun di Maliboro mengolaborasikan karya tiga pemenang sayembara. Sentuhan arsitektur DIY akan ditonjolkan dalam bentuk joglo. 

Sayembara desain JPG telah dilakukan 2022 silam. Dari sayembara tersebut, terpilih tiga pemenang.  Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) DIY, Baritoadi Buldan, mengatakan desain Jogja Planning Gallery akan mengombinasikan desain pemenang sayembara, yang akan disempurnakan dengan desain peringkat kedua dan ketiga.

Advertisement

BACA JUGA: Jogja Planning Gallery Segera Dirancang, Tahun Depan Dibangun

“Menghubungan antara ruang depan dengan Malioboro dan disambut Plaza [Plaza Malioboro]. Desain pemenang sayembara akan disempurnakan. Konsep dari pemenang pertama tetap memiliki nilai orisinal, tetapi akan dikuatkan dengan konsep pemenang dua dan tiga," ujarnya, Selasa (24/1/2023).

Dia menyampaikan konsep bangunan dengan sentuhan budaya Jogja juga akan ditonjolkan dalam desain Jogja Planning Gallery. "Bangunan mengambil bentuk atap joglo yang dimodifikasi. Kemudian untuk aksen lengkung,” katanya. 

Konsep yang diusung dua pemenang lainnya lebih kontemporer. "Kedua pemenang yang lain membawa pendekatan yang sedikit berbeda dengan bentuk-bentuk lebih kontemporer, dengan taman dan sebagainya," katanya.

BACA JUGA: Gedung Baru DPRD DIY Akan Dibangun 2024 di Timur Stadion Mandala Krida

"Kalau secara umum, sayembara ini menggarisbawahi sejarah Jogja. Nilai di Malioboro bisa tercermin di dalam desain," ucapnya. 

Barito menyampaikan Jogja Planning Gallery didesain menghadap ke Jalan Malioboro, sedangkan jalan masuknya dapat melalui sisi samping dan belakang. Bangunan JPG juga akan dilengkapi dengan ruang terbuka dengan konsep taman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement