Advertisement

Begini Gambaran Desain Arsitektur Jogja Planning Gallery di Malioboro

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 24 Januari 2023 - 17:17 WIB
Budi Cahyana
Begini Gambaran Desain Arsitektur Jogja Planning Gallery di Malioboro Bangunan di Jalan Perwakilan Malioboro sudah dirobohkan dan lahahnya akan dipakai sebagai taman Jogja Planning Gallery. - Harian Jogja/Gigih M. Hanafi

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Desain Jogja Planning Gallery (JPG) yang akan dibangun di Maliboro mengolaborasikan karya tiga pemenang sayembara. Sentuhan arsitektur DIY akan ditonjolkan dalam bentuk joglo. 

Sayembara desain JPG telah dilakukan 2022 silam. Dari sayembara tersebut, terpilih tiga pemenang.  Ketua Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) DIY, Baritoadi Buldan, mengatakan desain Jogja Planning Gallery akan mengombinasikan desain pemenang sayembara, yang akan disempurnakan dengan desain peringkat kedua dan ketiga.

Advertisement

PROMOTED:  Dari Garasi Rumahan, Kini Berhasil Perkenalkan Kopi Khas Indonesia di Kancah Internasional

BACA JUGA: Jogja Planning Gallery Segera Dirancang, Tahun Depan Dibangun

“Menghubungan antara ruang depan dengan Malioboro dan disambut Plaza [Plaza Malioboro]. Desain pemenang sayembara akan disempurnakan. Konsep dari pemenang pertama tetap memiliki nilai orisinal, tetapi akan dikuatkan dengan konsep pemenang dua dan tiga," ujarnya, Selasa (24/1/2023).

Dia menyampaikan konsep bangunan dengan sentuhan budaya Jogja juga akan ditonjolkan dalam desain Jogja Planning Gallery. "Bangunan mengambil bentuk atap joglo yang dimodifikasi. Kemudian untuk aksen lengkung,” katanya. 

Konsep yang diusung dua pemenang lainnya lebih kontemporer. "Kedua pemenang yang lain membawa pendekatan yang sedikit berbeda dengan bentuk-bentuk lebih kontemporer, dengan taman dan sebagainya," katanya.

BACA JUGA: Gedung Baru DPRD DIY Akan Dibangun 2024 di Timur Stadion Mandala Krida

"Kalau secara umum, sayembara ini menggarisbawahi sejarah Jogja. Nilai di Malioboro bisa tercermin di dalam desain," ucapnya. 

Barito menyampaikan Jogja Planning Gallery didesain menghadap ke Jalan Malioboro, sedangkan jalan masuknya dapat melalui sisi samping dan belakang. Bangunan JPG juga akan dilengkapi dengan ruang terbuka dengan konsep taman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Video Terbaru

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Meriah! Archipelago Menggelar Kompetisi Mini Soccer

News
| Selasa, 07 Februari 2023, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Kampung Batik Giriloyo yang Sempat Terpuruk Karena Gempa 2006

Wisata
| Selasa, 07 Februari 2023, 13:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement